Warga Minta Usut Dana Desa Batu Kacang

0
972
LAHAN: Lapangan futsal yang dibangun tanpa ada hibah dari pemilik lahan. F-TENGKU/TANJUNGPINANG POS

LINGGA – WARGA Desa Batu Kacang meminta agar dana desa (DD) yang dipakai untuk pembangunan di daerah itu diusut. Warga juga mempertanyakan sejumlah proyek pembangunan di desanya yang menggunakan DD tidak sesuai dengan Rancangan Anggaran Biaya (RAB) yang telah ditetapkan.

Salah satunya pengerjaan semenisasi di Dusun II Batu Kacang, serta pembangunan lapangan futsal yang bermasalah untuk status lahannya. Termasuk pengadaan alat musik yang tidak sesuai RAB dan kebutuhan prioritas masyarakat setempat.

”Seperti proyek semenisasi di Dusun II. Dalam RAB disebutkan menggunakan rangka besi, namun pada pelaksanaan tidak ada rangka besi yang digunakan,” kata Ilhamsyah Edward, masyarakat Batu Kacang. Sedangkan, total anggaran DD Batu Kacang tahap pertama tahun 2017 telah dicairkan sebesar Rp 786 juta.

Baca Juga :  Anak Suku Laut Tagih Janji Gubernur

Anggaran tahap awal itu, digunakan untuk membangun jalan setapak, drainase, lapangan futsal serta pengadaan lainnya yang rawan dilakukan penyelewengan. Untuk itu, ia bersama masyarakat menginginkan agar pihak berwajib mengusut pelaksanaan anggaran DD yang tidak sesuai RAB.

Diduga adanya penyelewengan dalam penggunaan DD tahun 2017 ini, telah ia sampaikan kepada Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Desa Batu Kacang. Namun, laporan yang disampaikan tidak digubris BPD yang seharusnya memiliki fungsi pengawasan kebijakan pemerintah desa.

”Saya sudah meminta agar kepala desa dan Tim Pelaksana Teknis (TPK) kegiatan, untuk menjelaskan kepada masyarakat tentang kegiatan apa saja yang sudah dijalankan,” sebutnya. Namun, masukannya tidak dianggap oleh kepala desa dan TPK. Desa yang dipimpin oleh Suharkofeni tersebut, dinilai masyarakatnya hanya mementingkan kepentingan pribadi dan kelompoknya. ”Seperti proyek semenisasi, yang kegiatannya dilakukan di depan rumahnya. Padahal, masih banyak warga lain yang membutuhkan,” tegasnya.(TENGKU IRWANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here