Warga Moro Harapkan Pelatihan Tenaga Kerja

0
284
Syafri Sandi

Masyarakat Kecamatan Moro berharap Dinas Tenaga Kerja (disnaker) Karimun mengadakan pelatihan tenaga kerja di Moro, karena minimnya kesempatan pemuda setempat untuk ikut pelatihan.

KARIMUN – ”Banyak pemuda yang baru lulus sekolah meminta Disnaker Karimun untuk melaksanakan pelatihan tenaga kerja di khusus di Kecamatan Moro. Peserta pelatihan adalah masyarakat yang berasal dari desa dan kelurahan,” kata Syafri Sandi, anggota DPRD Karimun, Kamis (22/3).

Mereka mengeluhkan, karena minimnya informasi yang sampai ke desa tentang pelatihan tersebut. Untuk itu, pelajar lulusan sekolah memerlukan pelatihan untuk bidang las, kelistrikan dan lainnya.

Untuk pelatihan di Pulau Karimun dibutuhkan biaya penginapan dan transportasi, jika dilaksanakan di Moro tidak harus mengeluarkan biaya penginapan dan transportasi.

Disnaker diminta untuk menyurati atau memberitahukan kepada perusahaan, yang hendak beroperasi di Moro agar mengutamakan pekerja lokal. Tujuannya untuk dapat diterima pihak perusahaan harus membuat pelatihan tenaga kerja.

Ketika perusahaan beroperasi, lanjut Syafri, telah tersedia pekerja yang siap pakai terkecuali untuk bidang tertentu yang membutuhkan keahlian. Di tempat terpisah, Kadisnaker Karimun Hazmi Yuliansyah mengatakan, tahun ini telah memberikan pelatihan untuk mereka yang belum bekerja untuk las dasar, listrik dan operator.

Pendaftaran pelatihan ada di kantor dan pun telah berakhir pada Februari lalu. ”Setiap membuka pelatihan, selalu di informasikan melalui radio milik daerah. Dan peserta pelatihan dapat ikut dari seluruh Kecamatan, terkait usul dari Moro. Dapat menjadi pertimbangan ke depan, atau menjadi catatan kami,” tambah Hazmi.

Perlu diketahui, kepada seluruh perusahaan telah di instruksikan untuk menerima atau mengutamakan pekerja lokal. Ketika merekrut tenaga kerja baru, baik kontrak atau permanen.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here