Warga Mulai Ngurus Administrasi CPNS

0
173
Warga saat antre melakukan perekaman KTP-el, kemarin. f-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan dibuka setelah pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak ini. Warga Tanjungpinang yang ingin melamar menjadi bakal calon abdi negara mulai mempersiapkan diri dengan mengurus administrasi. Seperti kemarin, meskipun di Tanjungpinang digelar pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang, namun terlihat puluhan masyarakat melakukan perekaman KTP-el di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tanjungpinang (Discukcapil).

Kemarin, Disdukcapil di hari pencoblosan Wako/Wawako memang membuka pelayanan hanya sampai pukul 09.30 WIB. ”Saat pencoblosan kemarin, kita keluarkan suket untuk masyarakat kurang lebih sekitar 30 lembar,” kata Kepala Disdukcapil Kota Tanjungpinang, H Irianto kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (27/6).

Hampir sebagian besar, kata Irianto, masyarakat yang mengurus hingga mendapatkan suket untuk persiapan mendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) nanti. Sebab, warga sudah mengetahui kalau ada CPNS akan dibuka. Tapi, tidak menutup kemungkinan suket tersebut juga dipergunakan masyarakat untuk pergi ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk mencoblosdibilik suara, yang disediakan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). ”Tadi, kita juga sempat mencetak 20 KTP-el milik warga yang sudah melakukan perekaman KTP-el,” ucap dia.

Ia mengimbau dan mengajak masyarakat untuk terus melakukan perekaman KTP-el. Perekaman KTP bisa dilakukan di dua tempat. Bisa dilakukan perekaman KTP oleh masyarakat di Kantor Disdukcapil Kota Tanjungpinang dan Kantor Kecamatan Tanjungpinang Barat. ”Ayo, kita merekam KTP dari sekarang,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang Riono mengaku belum menerima kuota CPNS tahun ini. Namun, Pemko sudah mengajukan kuota ke pemerintah pusat. Sebab, tahun ini banyak ASN terutama dari kalangan guru banyak pensiun. ”Kita butuh tenaga guru, kesehatan dan non teknis lainnya,” bebernya.

Ia juga mengajak kepada masyarakat bagi yang ingin mengikuti CPNS, baiknya mempersiapkan diri dan mengurus KTP-el ke Disdukcapil Tanjungpinang. ”Informasinya CPNS katanya akan dibuka setelah Pilkada atau awal-awal Juli akan diumumkan oleh pemerintah pusat, kita tunggu saja,” tegasnya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here