Warga Nikmati Akses Internet Tercepat

0
657
DIREKTUR Utama BP3TI Anang Latif saat beri keterangan terkait jaringan internet tercepat melalui Palapa Ring. f-indra gunawan/tanjungpinang pos

Direktur Utama Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika ( BP3TI) Anang Latif menegaskan, dengan hadirnya jaringan internet cepat di Natuna.

NATUNA- Nantinya, masyarakat jangan kaget jika paket data internet bisa cepat habis. Hal itu disampaikannya, karena kecepatan yang akan diterima nanti bisa lebih dari satu Giga Bites (GB) per detiknya.

Untuk itu, pihaknya meminta agar bisa memaksimalkan penggunaan yang ada. ”Jadi sebelum nanti beroperasi secara normal, kita mengingatkan kalau kecepatan jaringannya maupun kapasitasnya sangat luar biasa cepatnya. Jadi jangan kaget, kalau paket datanya cepat habis ya,” ucap Anang Latif, saat memberikan pemaparan di Gedung Network Oprasional Center(NOC) Bandarsyah Kecamatan Bunguran Timur, Selasa (6/3).

Ia mengatakan, jaringan Palapa Ring merupakan proyek pengembangan jaringan telekomunikasi ke seluruh kabupaten/kota. Sehingga, proyek itu menggunakan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) dan Sistem Komunikasi Serat Optik (SKSO) sebagai upaya menyelesaikan target RPJMN 2015-2019.

Selain itu, penyediaan akses internet merupakan salah satu program USO (Universal Service Obligation/Kewajiban Pelayanan Universal) di bidang telekomunikasi dan informatika yang dikelola BP3TI.

”Jadi kami hadir disini untuk memastikan kesiapan, bahwa ini project ini menjadi salah satu akses rasional yang memang menjadi prioritas pemerintah. Karena project ini termasuk yang pertama dilakukan Kominfo. Jadi dengan beroperasinya internet cepat ini, sudah bisa memenuhi kebutuhan yang ada di seluruh Natuna,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Natuna Raja Darmika mengatakan, uji coba internet cepat dengan menggunakan Backbone Palapa Ring dan dukungan koneksi PT Moratel diharapkan bisa menjangkau wilayah yang masih blank akses Internet.

”Jadi dengan beroprasinya PRB ini, kita berharap agar di setiap titik yang mengalami blank akses Internet bisa teratasi. Terlebih lagi adanya jaringan internet gratis yang dipasang di beberapa tempat keramaian masyarakat,” tandasnya. (HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here