Warga Panggak Darat Tanam Padi Serentak

0
439
BUPATI Lingga, H Alias Wello dan tamu undangan dari Kementan RI bersama mahasiswa pertanian saat penanaman padi serentak belum lama ini. F-ISTIMEWA

Kepala Desa Panggak Darat, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga Zulmafriza menilai saat ini, warga di desanya telah familiar dengan program pertanian di desanya.

LINGGA – Ia optimis, lahan persawahan yang ada di desanya akan memberikan hasil yang memuaskan. ”Semalam kita sudah panen. Padi yang kita tanam sebagai contoh hanya dengan ukuran 20 meter x 40 meter dan hasilnya cukup memuaskan. Padahal tidak kita pupuk, kita biarkan gitu saja,” kata Zulmafatiza, Kamis (7/3).

Ia mengungkapkan, dari hasil yang diperoleh pada tanam percontohan itu dia yakin persawahan di Desa Panggak Darat akan tumbuh maksimal. ”Nanti saya akan mengarahkan petani untuk setiap satu orang tanam satu petak dulu. Jadi, yang bisa kita tanam, lebih kurang 25 hingga 40 Hektare (Ha). Rencananya tanggal 25 Maret nanti kita tanam serentak,” sebutnya.

Dia meyakini, penanaman dengan luas itu itu akan menjadikan lahan sawah Desa Panggak Darat sebagai kawasan persawahan terluas yang siap tanam saat ini di Kabupaten Lingga. Bahkan, panennya nanti pun bakal jadi panen terbesar di Negeri Bunda Tanah Melayu itu.

”Kalau kita lihat sekarang, belum ada lahan yang ditanam dengan luas sampai puluhan hektare. Makanya, nanti lahan sawah di Panggak Darat bakal jadi yang paling luas penanamannya. Karena kita sudah ada hampir 25 Ha siap tanam,” katanya.

Dia berharap, Pemda Lingga dapat maksimal dalam membantu mensukseskan program persawahan tersebut. Sehingga, apa yang diinginkan Bupati Lingga Alias Wello dapat dicapai. Sebelumnya, Pemkab Lingga telah melaksanakan kegiatan yang sama dan diramaikan mahasiswa Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) dari Bogor dan Medan.(TENGKU IRWANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here