Warga Pelantar Bersihkan Rumah Jelang Imlek

0
101
WARGA Potong Lembu membersihkan masjid, bersama polisi, Rabu )7/2) lalu. f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Seminggu lagi, masyarakat tionghoa merayakan Tahun Baru Imlek. Menjelang Imlek ini, warga Pelantar mulai membersihan rumah dan lingkungannya, Kamis (8/2) kemarin.

Pembersihan rumah ini merupakan budaya turun-temurun warga tionghoa yang sudah biasa dilakukan dalam perayaan Imlek. Bahkan sebagian keluarga melakukan penggantian pada bagian rumah yang mulai rusak.

Acu seorang warga mengatakan, pembersihan rumah itu dilakukan orang tua terdahulu, setiap akan menyambut Imlek. Biasanya, dilaksanakan seminggu sebelum perayaan.

”Pada bagian dinding rumah disapu, menggunakan sapu yang terbuat dari bambu,” katanya.

Lanjutnya, pada rumah yang masih berbahan kayu juga dilakukan penggantian pada papan dinding, atau lantai yang mulai rapuh. Supaya pada saat orang yang berkunjung ke rumah saat Imlek, merasa nyaman.

”Sama saja seperti pada lebaran lainya warga mempercantik rumah masing-masing,” sebutnya.

Selain itu juga satu minggu dari sekarang, rumah sudah dipasang ornamen Imlek seperti gantung lampu-lampu, penempelan stiker shio di depan pintu rumah dan dinding.

”Sekarang rumah sudah dibenahi dan dipercantik dilakukan dalam menyambut Imlek,” jelasnya.

Menurutnya, pada rumah sudah beton semua itu hanya dilakukan pembersihan dan pengecetaan saja. Pembersihan rumah ini sebagai tradisi turun-temurun. Aktivitas ini ibarat memulai yang baru, perlu bersih diri secara fisik dan batin.

”Di sini sudah banyak rumah beton, jadi tidak begitu nampak warga yang melakukan pembersihan,” ujarnya.

Selain keturunan tionghoa, warga pelantar di Potong Lembu juga melakukan aksi bersih. Bahkan, warga bersama tim Bhabinkamtibmas melakukan aksi bersih di tempat ibadah Masjid AL Muhajirin, Rabu (7/2) lalu. Warga setempat Ahmad mengatakan, gotong royong merupakan kegiatan rutin yang dilakukan para warga di kawasan pelantar. Agar kebersihan masjid selalu terjamin.

”Gotong royong di masjid bersama ini untuk menjaga kebersihan,” katanya. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here