Warga Pelantar Keluhkan Sampah Setelah Banjir Rob

0
48
SAMPAH berserakan di bawah pelantar III, Tanjungpinang, setelah dilanda banjir rob. f-raymon/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Warga di kawasan Pelantar, Pasar Tanjungpinang mengeluhkan keberadaan sampah, Senin (5/2) kemarin. Sampah yang berserakan itu muncul, setelah banjir air pasang air laut (rob) surut. Warga mengharapkan upaya pemerintah untuk mengangkut tumpukan sampah ini.

Cuncun warga pelantar III mengatakan, sewaktu air pasang tinggi, Sabtu (3/2) lalu, sampah naik ke atas jalan. Ada pula yang sangkut di bawah perumahan warga. ”Masih banyak sampah di bawah rumah warga. Itu sampah yang menumpuk lama, sekarang naik,” katanya Senin (5/2) kemarin.

Cuncun menyebutkan, sampah yang menumpuk ini sudah lama ada. Walaupun sudah dibersihkan, tapi masih saja muncul di kawasan pelantar ini.

Lanjutnya, sebagusnya ada tempat pembuangan sampah di setiap lorong. Sehingga masyarakat yang akan membuang sampah bisa sadar, tidak lagi membuang sampah sembarangan.

”Kalau ada tempat sampah di setiap lorong perumahan warga, jadi tidak ada alasan lagi untuk membuang sampah sembarangan. Terutama bagi yang suka buang ke laut,” sebutnya.

Sukmo mengungkapkan hal yang sama. Menurut Sukmo, masalah sampah itu sudah lama. Warga yang tinggal di daerah pesisir, sering mendapatkan kiriman sampah. Saat air surut masih banyak sampah yang bisa dilihat.

”Sampah-sampah ini hanyut dibawa arus laut. Karena kurangnya kesadaran dari masyarakat dalam menjaga dan membuang sampah,” tuturnya.

Menurutnya, untuk fasilitas tempat pembuangan sampah juga masih kurang. Sebaiknya ada penambahan bak sampah lagi di daerah pelantar. Saat ini sudah ada petugas kebersihan yang mengangkut sampah seperti di pasar dan di daerah pelantar namun masih banyak sampah yang menumpuk.

”Sepanjang lorong tempat berbelanja, bagusnya ada tempat sampah. Sebab, budaya buang sampah sembarangan itu masih menjadi tradisi,” jelasnya. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here