Warga Pesisir juga Butuh Perbankan

0
583

ANAMBAS – Masyarakat yang tinggal di kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil sangat menginginkan adanya akses kebutuhan pelayanan perbankan. Pasalnya, dari sejumlah bank yang ada hanya di ibukota Anambas yakni Kota Tarempa. Saat ini beberapa bank yang membuka pelayan perbankan di pulau besar seperti Tarempa BRI, BNI, Bank Mandiri Syariah serta Bank Riau Kepri (BRK). Seperti BRI telah dibuka pelayanan di Kecamatan Palmatak, sedangkan di Kecamatan Jemaja hanya Bank Mandiri Syariah.

”Sejauh ini kami merasa terbantukan oleh pelayanan yang diberikan sejumlah bank, tapi kami ingin perbankan lain bisa melayani masyarakat pesisir seperti di Pulau Jemaja,” Kata Amir, warga desa Landak Kecamatan Jemaja, kemarin. Ia menjelaskan, masyarakat sangat senang jika ada perbankan membuka akses pelayanan di wilayahnya. Sebab, sejauh ini sangat sulit untuk melakukan transaksi keuangan maupun melakukan pinjaman atau menyimpan uang. Ia juga menyampaikan, kemarin ada juga pihak perbankan lain yakni Bank Riau Kepri (BRK) berencana membuka akses pelayanan perbankannya.

Bahkan, pihak BRK telah melakukan survei sejumlah tempat untuk dijadikan kantor. Jika hal itu bisa diwujudkan, sudah tentu wilayah Kecamatan Jemaja ke depannya dipredikasi akan lebih berkembang. Karena, perputaran uang akan meningkat dan mudah bagi masyarakat. Menurutnya, ekonomi masyarakat akan terlihat lebih baik dan itu diharapkan oleh masyarakat pada umumnya.

Sementara, Pimpinan Cabang Pembantu Bank Riau Kepri (BRK) di Kota Tarempa Desrian mengatakan, bahwa pihaknya benar akan merencanakan membuka jaringan kas baru di sejumlah wilayah yang dinilai cukup memiliki potensi. Adapun wilayah yang sudah dilakukan peninjauan, antara lain yakni Kecamatan Jemaja tepatnya di Kelurahan Letung.
Sedangkan Kecamatan Palmatak, tepatnya di Desa Ladan.

”Kita juga telah survei tempat kantor kas baru, dan kita tetap menunggu keputusan dari pimpinan kantor pusat yang berada di Pekanbaru nantinya,” jelas Desrian. Ia menyebutkan, selama hampir 7 tahun BRK melakukan pelayanan perbankan bagi masyarakat Anambas yang berada di Kota Tarempa. Selama dalam kurun waktu 7 tahun, BRK terus mengalami peningkatan jumlah nasabah.

”Jumlah nasabah hingga saat ini sekitar puluhan ribu, angka pastinya ia tidak tahu pasti, namun kisaran 20 ribu ke atas,” terangnya. Tujuan pengembangan kas baru, yakni mempermudah masyarakat dalam menikmati pelayanan perbankan.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here