Warga Resah Bau Aspal Cosmic

0
178
Salah warga saat melihat lokasi pengolahan aspal. f-raymon/tanjungpinang

TANJUNGPINANG – Warga Kampung Melayu, Kelurahan Melayu Kota Piring, mengeluhkan aktifivas pengolahan aspal milik PT Cosmic di Pelabuhan Sri Payung, Tanjungpinang.

Sejak beroperasinya perusahaan tersebut, warga mulai mengeluhkan sering sesak nafas akibat asap dari hasil olahan aspal tersebut.

”Bau yang ditimbulkan dari masakan aspal itu cukup menggangu warga kami. Ada warga kami sampai masuk rumah sakit yang diduga disebabkan Ispa terkena bau pengolahan aspal tersebut,” kata Ketua RT 3 Kampung Melayu, Ridawi, Senin (8/10), lalu.

Ia mengatakan, pabrik pengolahan aspal itu baru berdiri sekitar 1-2 bulan. Aktifitas pengolahannya juga baru berjalan dua pekan terakhir ini. Ada sekitar sekitar 90 kepala keluarga yang tinggal sangat dekat dengan pabrik pengolahan aspal itu.

”Baik Pelindo maupun PT Cosmic tak ada yang melibatkan warga saat pabrik aspal ini dibangun. Padahal dampaknya sangat merugikan kami,” tuturnya.

Sementara itu, Pelindo I Cabang Tanjungpinang mengaku belum mengetahui bahwa beroperasi pengolahan aspal oleh PT Cosmic dapat mencemari udara lingkungan sekitar warga Kampung Melayu.

Hal tersebut di ketahui setelah sejumlah wartawan mengkonfirmasi Humas PT Pelindo I Cabang Tanjungpinang terkait permasalahan ini. Ditambah lagi GM baru menjabat sekitar dua minggu di Tanjungpinang.

”Saya baru tahu informasi ini dari wartawan melalui pegawai nya sedangkan dari masyarakat belum ada laporan. Kami akan segera konfirmasi PT Cosmic dan kroscek lebih lagi dan bertemu dengan masyaraka,” ujar General Manager PT Pelindo I Cabang Tanjungpinang Arif Indra. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here