Warga Siantan Segera Nikmati Sinyal 3G

0
561
Jefrizal

ANAMBAS – TOWER Site Antang akan segera beroperasi dalam waktu dekat. Beroperasinya Tower tersebut, maka sinyal Telkomsel Antang akan berubah 2G akan menjadi 3G. Jeprizal Kepala Dinas Kominfo Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Anambas mengatakan, hal ini diketahui setelah pihak Telkomsel Batam menyampaikan informasi tersebut kepada pemerintah. ”Rencananya alat untuk mengaktifkan tower tersebut datang pada hari ini. Jika pemasangan dimulai pada hari ini. Insya Allah satu dua hari ke depan Desa Pesisir Timur Kecamatan Siantan Jaringannya akan 3G,” Ungkap Jeprizal Rabu (30/8).

Di Anambas sendiri, saat ini terdapat lima tower layanan 3G yakni di Letung Kecamatan Jemaja Tebang Ladan, Payaklaman Kecamatan Palmatak, Air Asuk Kecamatan Siantan Tengah, dan Pasir Merah Kecamatan Siantan. Tahun 2016, Lanjut Jefrizal, sebenarnya Telkomsel berencana untuk membangun lima titik Tower diantaranya di Putik, Kantor Bupati dan Rintis. ”Sayangnya dari titik-titik tersebut hanya Kantor Bupati yang dipasang, yang lainnya terpaksa ditunda karena besarnya biaya operasional satelit visat,” ujarnya.

Jefrizal mengungkap, sampai saat ini masih dicari titik point to point atau menggunakan Radio Link agar biaya operasional dapat lebih murah. ”Langkah ini dilakukan agar daerah rintis yang saat ini, belum mendapatkan signal bisa dinikmati masyarakat. Sayangnya kontur daerah berbukit mengakibatkan kendala point to point tak dapat di lakukan,” jelasnya.

Dari data existing yang ada di Dinas Kominfo, terdapat 16 desa yang belum ter-cover blank spot area. ”Sebenarnya tidak blank total. Karena ada sejumlah lokasi yang terdapat jaringan walaupun di pelabuhan ataupun agak ke bukit,” tuturnya. Ini telah menjadi perhatian Pemerintah Pusat, untuk menuntaskannya melalui Kemenkominfo.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here