Warga Sudah Bisa Berobat Gratis sampai Pukul 22.00

0
448
TANDATANGANI: Bupati Bintan H Apri Sujadi didampingi Wabup H Dalmasri Syam menandatangani prasasti launching program e-Puskesmas, di Kantor Bintan Buyu, Selasa (10/10) kemarin. f-yendi/tanjungpinang pos

Pemkab Bintan Launching E-Puskesmas

BINTAN – PEMKAB Bintan melalui Dinas Kesehatan resmi meluncurkan (launching) program pelayanan kesehatan dengan sistem informasi elekronik e-Puskesmas, Selasa (10/10) kemarin. Dengan pelayanan kesehatan ini, warga Bintan bisa mendapatkan informasi pelayanan berobat secara gratis di Puskesmas, sampai pukul 22.00.

Untuk untuk tahap awal, program e-Puskesmas ini masih ditujukan di empat Puskesmas. Puskesmas yang sudah membuka layanan ini antara lain Puskesmas Tanjunguban, Puskesmas Teluksasah, Puskesmas Kawal dan Puskemas Bintan Timur. Empat Puskesmas ini akan membuka layanan kesehatan hingga pukul 22.00.

Bupati Bintan H Apri Sujadi menyampaikan, sebelum program kesehatan gratis dijalankan, pasien yang berobat di RSUD berkisar 3.500 sampai 4 ribu per bulan. Tapi, sejak kesehatan gratis diluncurkan kepemimpinan Apri-Dalmasri (Asri), pasien yang berobat melebihi 8 ribu orang per bulan. Justru itu, Pemkab Bintan menjalankan program e-Puskesmas ini. Layanan e-Puskesmas merupakan sistem mobile di hape android yang bisa digunakan untuk pelayanan kesehatan di masyarakat.

”Dengan aplikasi e-Puskesmas akan memudahkan masyarakat untuk berobat. Ini merupakan bagian dari penerapan smart city untuk sektor bidang kesehatan di Kabupaten Bintan,” ujarnya di sela launching e-Puskesmas, di Kantor Bupati Bintan, Selasa (10/10) kemarin.

Untuk menunjang program e-Puskesmas ini, Pemkab Bintan bekerja sama dengan PT Telkom. Kemudian, Pemkab Bintan juga meresmikan Poli Malam di Puskesmas Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, Poli Malam Seilekop, Bintan Timur.

”Selain itu, Pemkab Bintan juga sudah mengangkat dan menetapkan Satgas, yang memberikan pelayanan sistem jemput bola ke rumah pasien dan lansia,” tambah H Apri Sujadi.

”Tahap awal, kami terapkan pelayanan e-Puskesmas di wilayah yang padat penduduk. Nantinya akan targetkan di seluruh Puskesmas, bisa menggunakan aplikasi ini. Selain itu, kita akan terapkan pelayanan hingga pukul 22.00,” tegasnya lagi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan dr Gama Isnaini mengatakan, program ini merupakan satu perwujudan komitmen Bupati Bintan Apri Sujadi yang sangat konsisten terhadap masalah kesehatan di masyarakat. Bintan merupakan pelopor di Provinsi Kepri, untuk pelayanan e-Puskesmas dan Posbindu. Selain itu, nantinya pelayanan di Puskesmas tiap hari Kamis akan diadakan pemeriksaan IVA, sebagai proteksi dini terhadap penyakit kanker leher rahim.

”Sesuai ide dari Ketua TP PKK Kabupaten Bintan Deby Apri Sujadi, setiap hari Kamis di Puskesmas akan diadakan pemeriksaan IVA, bagi kaum wanita,” tutupnya.(YENDI-JENDARAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here