Warga Sudah Bisa Tukar Uang 75 Ribu di BI Kepri

0
234

Tersedia untuk Kepri 900 Ribu Bilyet

BATAM – Warga Provinsi Kepri, kini sudah bisa mendapatkan uang rupiah, pecahan Rp75 ribu, edisi HUT Kemerdekaan RI. Uang pecahan itu bisa ditukarkan di Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Kepri, hingga akhir Agustus 2020. Dimana, saat ini uang pecahan yang tersedia untuk Provinsi Kepri, sebanyak 900 ribu bilyet atau lembar.

Deputi Kepala Perwakilan BI Kepri, M Arif Kurniawan didampingi Kepala Unit Pengelolaan Uang Rupiah, Indra Gunawan, melalui konfpres live, Selasa (18/8) di Batam. “Kita sudah buka untuk penukaran mata uang pecahan Rp75ribu,” kata Arif.

Diakui, masyarakat bisa melakukan penukaran uang pecahan Rp75 ribu uang peringatan Kemerdekaan (UPK) dikantor BI. Dimana, di kantor BI Kepri dibuka dua konter penukaran. Penukaran mulai 18 Agustus 2020 sampai 30 September 2020 di BI.

Baca Juga :  Laporan Keuangan Dinilai Baik

“Kita buka waktu penukaran, pukul 08.00 sampai 11.00 WIB,” ujarnya.

Selain dibatasi waktu penukaran, jumlah penukaran juga hanya untuk 150 bilyet per hari. Kepada masyarakat yang mau menukar, harus mendaftar terlebih dulu, melalui aplikasi PINTAR yang bisa diakses melalui tautan https: //pintar.bi.go.id.

“Jadi terbatas per hari, agar tidak berdesak-desakan. Kita harus jaga karena Covid-19 sekarang,” sambungnya.

Disebutkan, jumlah uang mata rupiah yang dicetak, 75juta bilyet dan disebar ke Indonesia. BI Kepri, mendapat 900 ribu bilyet atau lembar dan siap didistribusikan sampai akhir Agustus 2020 di BI Kepri.

“Tidak ada biaya tambahan untuk penukaran uang pecahan baru. Untuk minggu ini, hari ini dan besok. Baru senin depan. Bisa ditukar kolektif sambungnya.

Baca Juga :  Sekali Reses, Anggota DPRD Terima Rp 10,5 Juta

Setelah itu, penukaran uang baru itu bisa dilakukan di lima bank di Batam, mulai Oktober 2020. Dimana untuk Batam, tempat penukaran nanti, Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA dan CIMB Niaga.

“Sementara untuk Tanjungpinang, bisa diterima dari kas titipan di Bank Mandiri. Untuk Karimun bisa ditukar di BNI dan di Natuna lewat Bank Riau Kepri,” bebernya.

Sementara Deputi pengelolaan mata uang rupiah, BI Kepri, Indra Gunawan mengatakan, saat ini yang sudah mendaftar untuk menukar, baru 135 permohonan. “Sampai hari ini pemesanan penukaran 135 lembar. Dari target 150 penukar,” bebernya Indra.

Baca Juga :  Syahrul-Rahma Mendaftar ke KPU

Dinilai, walau penukaran sampai Oktober 2020 mendatang, termaksud di perbankan, namun bisa diperpanjang. Peluang itu dinilai jika masyarakat antusias untuk menukar.

“Nanti bisa akan ada kebijakan untuk memperpanjang. Jadi silahkan saja mendaftar dari sekarang. Kalau nanti diperpanjang, bisa masuk antrian,” imbuhnya.

Sehari sebelumnya, BI bersama Menteri Keuangan meluncurkan mata uang baru, pecahan 75 ribu, dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI. Uang kertas rupiah khusus pecahan Rp75 ribu itu dicetak sebanyak 75 juta lembar dan dilurcurkan secara virtual, untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona jenis baru, COVID-19.(mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here