Warga Tak Bisa Mengelak, Pasar Pun Terendam Banjir Rob

0
838
BANJIR: Banjir rob akibat fenomena supermoon di Tanjunguban wilayah pesisir Utara Bintan.F-jendaras/TANJUNGPINANG POS

Fenomena Supermoon di Kabupaten Bintan

BINTAN – Sejumlah warga di Bintan takjub saat melihat pancaran bulan bersinar lebih terang, Senin (1/1) malam lalu. Ukuran bulan juga lebih besar dibandingkan purnama, pada bulan-bulan sebelumnya. Ada yang menyadari, bahwa saat ini sedang menghadapi fenomena supermoon.

Di kala bulan purnama memancarkan cahaya terang pada malam hari, air laut pun meluap lebih tinggi. Tak ayal, beberapa ruas jalan di pasar Tanjunguban terendam banjir. Warga menyebutnya dengan banjir rob. Tak hanya itu, beberapa bagian di jalan Lintas Barat Tanjunguban-Toapaya pun ada yang tergenang akibat luapan pasang air laut.

Baca Juga :  Sumber Air Kecil Harus Diperhatikan

”Saat ini sedang menghadapi fenomena alam, yaitu supermoon. Makanya, warga tak bisa mengelak dari banjir pasang laut. Pasar pun terendam banjir rob,” kata Indri, seorang warga Bintan, kemarin.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang memperingati kepada seluruh warga yang tinggal di daerah pesisir pulau Bintan, untuk mewaspadai kejadian naiknya air laut, hingga mencapai dua meter dibandingkan musim pasang sebelumnya. Peristiwa yang dipicu fenomena alam supermoon atau bulan super ini, memang terjadi setiap tahun.

Menurut perkiraan, awal tahun ini perlu diwaspadai kejadian tersebut hingga 4 Januari 2018 dan akhir Januari hingga awal Februari 2018 mendatang.

Baca Juga :  Gunung Kijang Juara Umum Jambore PKK

Ardito, Prakirawan BMKG Tanjungpinang menerangkan, fenomena supermoon pasti terjadi setiap tahun. Untuk dampak, terangnya, dapat memicu ketinggian air laut. Untuk itu Ia menghimbau khususnya masyarakat di pesisir pantai timur dan utara Kabupaten Bintan, untuk mewaspadai fenomena tahunan ini.

”Untuk ketinggian gelombang sendiri wilayah Bintan khususnya pesisir timur dan utara dapat mencapai ketinggian maksimum 2 meter. Untuk itu agar waspadai air laut pasang dan gelombang tinggi,” imbaunya.

Supermoon adalah fenomena alam yang menarik. Bagi astrolog, istilah ini digunakan untuk menggambarkan kondisi ketika bulan terlihat dalam bentuknya yang paling utuh, dan berada dalam posisi terdekat dengan bumi. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here