Warga Tangkap Buaya di Tengah Kota

0
617
Menangkap buaya: Warga bersama petugas pemadam kebakaran saat menangkap buaya yang masuk permukiman warga di Suka Berenang, Sabtu (14/10). f-istimewa/deni wawok

Warga Sukaberenang, kecamatan, Bestari Tanjungpinang dihebohkan dengan munculnya seekor buaya di tengah permukiman Sabtu (14/10) sekitar pukul 14,30 WIB.

TANJUNGPINANG – Munculnya buaya di tengah kota ini langsung viral di media sosial. Dalam waktu yang singkat, gang Suka Berenang langsung dipadati warga. Munculnya buaya ini akhirnya dilaporkan ke pihak Pemadaman kebakaran yang beberapa saat datang ke lokasi. Akhirnya, petugas Damkar dan warga bersama-sama mengepung buaya liar itu karena membuat warga setempat khawatir.

Beberapa warga mengaku, Buaya itu sempat muncul dua hari sebelumnya, namun lari ke bawah pelantar rumah warga.

”Awalnya kami menduga sudah kembali ke bakau-bakau. Rupanya, tadi dia muncul di dalam parit di tengah permukiman warga,” ucap Ayi, warga setempat. Dari penelusuran Tanjungpinang Pos, beberapa puluh meter dari lokasi penagkapan buaya itu, merupakan daerah rawa pasang surut yang aa di tengah Kota Tanjungpinang. Meski rawa cukup dalam terlebih saat air pasang, namun hutan bakaunya sudah rusak dan kondirinya memprihatinkan. Diperkirakan, buaya ini keluar karena sekitar hutan bakau itu karena kondisi hutan bakau sudah hampr punah.

Proses penangapan itu, menjadi tontonan yang menegangkan bagi warga. Dengan menggunakan perelayan yang sederhana, hewan ampibi itu berhasil dijerat dengan tali tambang.

Setelah diikat, akhirnya buaya dengan panjang 2 meter itu dibawa pihak Damkar Tanjungpinang. ”Alhamdulillah, sudah berhasil ditangkap. Saat ini kita taruh di halaman kantor Damkar. Kita masih menunggu arahan dari pihak KP2KE Tanjungpinang, mau ditaruh dimana hewan yang secara Undang-undang masuk hewan yang dilindungi ini,” kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kota Tanjungpinang, Efendy.(ANDRI DS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here