Warga Tanjungunggat Siap Jadi Kampung Nelayan

0
509
WARGA BERJALAN: Warga sedang lalu lalang berjalan melintasi jalana beton. f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Masyarakat Tanjungunggat tidak keberatan jika Pemerintah Pemko serius menggarap kawasan tersebut menjadi tempat wisata dengan konsep Kampung Nelayan. Nantinya para pengujung yang datang ingin menikmati kondisi perkampungan dan mendapatkan hasil tangkapan laut yang segar.

Hal itu seperti yang diungkapkan, Rustam nelayan Tanjungunggat. Ia menginginkan ada perubahan pada daerah tersbeut, bukan hanya menjadi kampung kumuh melainkan memiliki nilai jual. Untuk mewujudkan ini, tentu tidak mudah butuh dukungan dari Pemko. Mulai dari menata kawasan pemukiman hingga ketersediaan sarana lainnya.

”Kawasan Tanjungunggat dikelilingi lautan dan kebanyakan masyarakat hidup dari menangkap ikan,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Minggu (2/7). Ia berharap Pemko Tanjungpinang segera memliki konsep untuk mengubah perwajahan Tanjungunggat, terutama yang di kasawasan pesisir.

Anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Reni menyambut baik keinginan masyarakat tersebut.
Menurutnya, ia bukan tidak mungkin dilaksanakan, mengingat ada beberapa daerah kumuh di luar daerah yang kini menjadi tempat kunjungan wisatawan. Ini tentu menjadi perubahan baik bagi masyarakat mulai dari sektor ekonomi dan juga kawasan lingkungan yang akan lebih baik.

Terkait anggaran pelaksanaan menurutnya, bisa melalui dana CSR beberapa perusahaan di Tanjungpinang. Pengelolaan dan penataan nantinya bisa di komunikasikan dengan dinas terkait. Mulai dari pewarnaan rumah penduduk, pelatihan untuk menyambut pendatang atau turis serta lainnya. ”Ini ide bagus, bisa dilaksanakan segera,” paparnya. (cr27)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here