Warga Teluk Nipah Inginkan Pemekaran

0
584
Teluk Nipah: Suasana kehidupan warga di Teluk Nipah Desa Posek. F-TENGKU/TANJUNGPINANG POS

Lingga – WARGA Dusun II Teluk Nipah Desa Suak Buaya, Kecamatan Kepulauan Posek, inginkan ada pemekaran desa.

Hal ini karena, rentang kendali pemerintahan desa di Pulau Mas Bangsal yang dinilai cukup jauh oleh warga Desa Suak Buaya.

Untuk mencapai pusat pemerintahan, warga Teluk Nipah harus menggunakan pompong 1/2 jam perjalanan dalam kondisi cuaca normal.

”Kalau seperti cuaca saat ini dengan angin dan hujan, warga enggan melakukan kepengurusan administrasi ke pusat pemerintahan desa,” kata salah satu tokoh masyarakat Teluk Nipah, Nazar, Minggu (26/2).

Katanya, keinginan masyarakat untuk memisahkan diri dari Desa Posek, bukan disebabkan karena ketidakpuasan program pembangunan dari kepemimpinan kepala desa saat ini. Pemekaran justru akan membantu desa induk untuk percepatan pembangunan desa induk.

”Dengan adanya pemekaran pastinya Alokasi Dana Desa (ADD) tidak lagi terbagi ke Teluk Nipah,” sebutnya.

Terkait dengan persyaratan pemekaran, warga Teluk Nipah sudah menyiapkan lahan untuk perkantoran. Fasilitas yang ada saat ini di Teluk Nipah juga sudah memungkinkan untuk berdiri sendiri.

”Selain warga Teluk Nipah, hal ini juga sudah disampaikan secara lisan oleh warga dari beberapa pulau sekitar untuk bergabung,” sebutnya.

Keinginan untuk berdiri sendiri pernah juga disampaikan kepada seorang anggota DPRD Lingga. Pada prinsipnya anggota dewan tersebut setuju dengan adanya pemekaran desa di Posek.

”Kami diminta untuk mengusulkan langsung kepada pemeintahan daerah. Selanjutnya pemerintah daerah yang memutuskan, apakah layak untuk dimekarkan,” imbuhnya.(Tengku)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here