Waspada… Gagal Ginjal Menyerang Usia Muda!

0
976
CUCI DARAH:Parah pasen saat cuci darah di salah satu rumah sakit. F-JPNN

TANJUNGPINANG – Populasi penyakit gagal ginjal di Kota Tanjungpinang kian meningkat. Tentu ini tak mengagetkan mengingat peningkatan populasi pasien diabetes, hipertensi dan pola hidup tak sehat sebagai penyumbang terbanyak pasien gagal ginjal di Kota Tanjungpinang.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam, kemarin.

”Penderita gagal ginjal di Kota Tanjungpinang, mulai dari kalangan anak muda berumur 30 tahuan, 40-an,” kata Rustam.

Mantan pegawai ASN Provinsi Kepri ini, menjelaskan salah satu penyebabnya gagal ginjal, akibat komplikasi penderita diabetes atau hipertensi.

Baca Juga :  Wako Resmikan Pembangunan Masjid Sabilul Rosyad

Untuk mengantisipasi dan menghindari agar tidak sampai terkena serangan penyakit ginjal, katanya, masyarakat harus menjaga pola hidup dan pola makan yang sehat agar tidak sampai mengalami hipertensi atau darah tinggi dan diabetes, sebagai pemicu utama penyebab gagal ginjal.

Menurut dia, pola hidup sehat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang, serta rutin melakukan olahraga.

”Hindari juga mengkonsumsi obat-obatan atau suplemen karena berpotensi bisa merusak ginjal,” tandasnya.

Jika ada masyarakat yang menderita dua penyakit tersebut, katanya, harus segera ditangani, sebab penanganan yang terlambat akan menyebabkan gagal ginjal.

Baca Juga :  Migrasi Meteran PLN Tak Ada Paksaan

”Banyak yang melakukan cuci darah di rumah sakit yang ada di Kota Tanjungpinang. Tren meningkat gagal ginjal di Kota Tanjungpinang,” tegasnya. Kata dia, penyakit menular di Kota Tanjungpinang tren menurun. Namun, penyakit tidak menulai seperti diabetes, gagal ginjal, jantung, kanker tren meningkat.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, Tjetjep Yudiana, menjelaskan penyakit gagal ginjal di Kepri terus meningkat. Menurutnya, sejak 2011 yang hanya 85 kasus, kini penderita penyakit gagal ginjal mencapai 622 kasus, menyebar di seluruh kabupaten/kota di Kepri.

Baca Juga :  PMI Salurkan Bantuan Kebakaran Kampung Cina

”Kita harus cegah gagal ginjal dengan pola makan sehat. Dan di Rumah Sakit di Batam sudah ada penderita penyakit jantung sampai 200 kasus. Kemudian, 60 diantaranya harus dipasang alat ring pada jantung,” tegasnya.(ABAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here