Waspada Gelombang Tinggi

0
49
Prakirawan cuaca Stasiun BMKG Tanjungpinang, Ardhito sedang menunjukkan pergerakan kecepatan tiupan angin di layar monitornya. F-Andri Dwi S/TANJUNGPINANG POS

Musim Utara Sudah Tiba

Masyarakat diminta harus waspada, terutama yang beraktivitas di laut. Karena telah terjadi perubahan cuaca, angin Selatan sudah melemah. Namun, angin Utara sudah tiba. Angin Utara bisa memicu angin kencang dan ombak besar, termasuk angin puting beliung.

TANJUNGPINANG – Hal ini diungkapkan Prakirawan cuaca Stasiun Badan Meteorologi,Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang, Ardhito, kemarin.

Ia mengatakan, angin Selatan sudah mulai melemah karena, beberapa halu sudah mulai masuk ke angin Utara.

Perubahan atau peralihan dari angin Selatan ke angin Utara, sudah terlihat jelas. Ini terlihat adanya banyak tumbuh awan cumulonimbus, yang berwarna hitam. Menurutnya, adanya awan cumulonimbus, masyarakat perlu berhati-hati. Baik masyarakat sedang yang beraktifitas berada di darat maupun di laut.

Sebab, adanya awan cumulonimbus peluang menimbulkan terjadi puting beliung, petir sampai dengan angin kencang. Peluang tersebut kapan saja dan dimana saja bisa terjadi dengan waktu cepat.

”Kita perlu waspada, kalau melihat atau menjumpai awan cumulonimbus, perlu waspada, picu angin kencang, petir, dan ombak tinggi,” tegas dia.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here