Waspada Potensi Inflasi saat Puasa dan Idul Fitri

0
38
SEMBAKO salah satu penyebab inflasi. f-istimewa

BATAM – Indeks harga konsumen (IHK) Batam diperkirakan mengalami inflasi pada Mei 2019 ini. Perkiraan itu setelah mencermati inflasi terkini. Sehingga potensi inflasi ini perlu diwaspadai. Diperkirakan inflasi tetap dikisaran sasaran inflasi nasional 2019, 3,5 ± 1% (yoy). Potensi inflasi diperkirakan karena kenaikan harga barang sembako saat Ramadan dan jelang Idul Fitri.

Demikian dikatakan Wakil Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kepri yang juga Kepala Bank Indonesia (BI) Kepri, Fadjar, Sabtu (5/5) di Batam.

”Mencermati perkembangan inflasi terkini, IHK Kepri pada Mei 2019 diperkirakan akan mengalami inflasi. Tapi tetap dikisaran sasaran inflasi nasional pada 2019, sebesar 3,5 ± 1% (yoy),” katanya.

Diakui, beberapa potensi risiko pendorong inflasi di Kepri, di antaranya kenaikan harga bahan pangan serta peningkatan permintaan masyarakat selama Ramadan dan Idul Fitri. Ini dinilai, dapat memicu inflasi pada kelompok bahan makanan.

”Kemudian, tarif angkutan udara masih dalam tingkat harga yang tinggi dan berpotensi untuk kembali meningkat selama Ramadan dan Idul Fitri,” sambungnya.

Hal itu diakui, dikarenakan peningkatan permintaan sehingga diperkirakan mendorong inflasi pada kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan. Kemudian, peningkatan ekspektasi inflasi pedagang dan konsumen menjelang Idul Fitri.

”Juga peningkatan daya beli konsumen dengan adanya Tunjangan Hari Raya (THR) dapat mendorong perilaku konsumtif,” katanya.

Di sisi lain, inflasi juga didorong berakhirnya periode panen beberapa komoditas bahan pangan strategis. Seperti beras, cabai merah maupun sayuran diperkirakan dapat memicu peningkatan inflasi kelompok bahan makanan.

”Sehingga dibutuhkan langkah pengendalian inflasi,” pesannya.

Menurut Fadjar, pengendalian inflasi tahun 2019 difokuskan pada mitigasi risiko inflasi selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Di mana, perlu meningkatkan koordinasi antara pemerintah. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here