Waspadai Penyakit Paskalebaran

0
562
Acara lansia: Dari kiri, Rustam, H Ahadi dan H Lis Darmansyah dalam acara lansia yang digelar Dinkes Tanjungpinang belum lama ini. f-humas pemko tanjungpinang

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Pendidikan dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang Rustam minta masyarakat tidak berlebihan mengkomsumsi makanan saat lebaran. Makanan yang selalu banyak dimakan saat lebaran di antaranya opor ayam, daging rendang, sampai kue-kue khas Lebaran.

Tanjungpinang – Kecendrungan itu terjadi karena selama bulan Ramadan, pola makan kita menjadi terbatas. Tentu saja kondisi itu bisa mengakibatkan tubuh kita tidak sehat. ”Bahkan bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan yang menimpa kita,” kata Rustam, kemarin. Ia juga menginggatkan bagi penderita hipertensi, agar jangan terlalu banyak makan daging. Biasanya, paskalebaran penyakit yang timbul diare, mual-mual, pusing, bahkan kolestrol meningkat.

”Tidak masalah mengkonsumsi daging asal tertakar. Selain porsi, perhatikan juga cara memasak, jangan pilih yang bersantan,” kata Rustam. Kata dia, santan akan menambah hitungan lemak dan kolesterol yang masuk ke dalam tubuh. Ia menyarankan penderita hipertensi memilih hidangan yang dimasak sup atau tongseng. Keduanya memiliki cara masak tanpa santan, yang relatif lebih aman bagi penderita hipertensi. Sambun Rustam bagi penderita hipertensi tidak mengkonsumsi lemak yang ada di dalamnya. Baiknya penderita hipertensi berkonsultasi ke ahli gizi atau dokter gizi, sebelum mengkonsumsi daging.

”Jaga kesehatan dengan baik, jika merasa kurang sehat segera kunjungi fasilitas kesehatan yang ada di Tanjungpinang,” tegasnya. Kemudian, pelayanan kesehatan di puskesmas selama libur Lebaran tetap buka. Seperti Puskesmas Kampung Bugis buka 24 jam termasuk Puskesmas Tanjungpinang buka 24 jam namun hanya untuk persalinan saja.

”Bila mengalami sakit mendadak di saat puskemas tutup, agar langsung datang ke unit gawat darurat di rumah sakit yang ada di Tanjungpinang. Seperti RSUD, RSUP dan RSAL Tanjungpinang,” tegasnya.(ABAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here