Waspadai Perdagangan Orang Antarnegara

0
564
Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tanjunguban saat menyampaikan bahaya Tindak Pidana Perdagangan Orang ke luar negeri di aula Kecamatan Teluksebong, Jumat (9/11) pagi . F. Jendaras Karloan

TELUKSEBONG – Imigrasi Kelas II Tanjunguban mengingatkan kepada masyarakat perbatasan agar mewaspadai kejahatan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) antarnegara. Kecamatan Teluksebong yang berada di wilayah perbatasan Indonesia dengan Singapura dan Malaysia dinilai rawan kejahatan tersebut.

Demikian disampaikan oleh Burhanuddin, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tanjunguban saat melakukan sosialisasi keimigrasi di Aula Kecamatan Teluksebong, Jumat (9/11) lalu. Ia mengingatkan seluruh perangkat RT dan RW, perangkat desa dan aparatur pemerintah lainnya untuk mengedukasi masyarakat saat akan berencana bekerja ke luar negeri.

Baca Juga :  Hut Ke-73 Polri, 55 Anak Sunatan Gratis

“Tentunya saat akan bekerja, Calon TKI atau TKI mengikuti prosedur yang ada dan memastikan kemampuan diri dalam bekerja. Jangan mudah terbujuk rayu bekerja dengan iming-iming yang tidak masuk akal serta tidak melengkapi prosedur untuk bekerja,” katanya.

Ia menyebutkan, jika bekerja ke luar negeri tanpa dokumen yang sah dan lengkap, maka dikhawatirkan Calon TKI tersebut menjadi korban dari TPPO oleh oknum tidak bertanggungjawab. Kejahatan tersebut seperti kejahatan prostitusi, perbudakan, penipuan, bekerja tanpa dibayar upah hingga perdagangan organ manusia.

Baca Juga :  Timpora Terus Tingkatkan Pengawasan TKA

“Kami terus melakukan pengawasan terhadap permohonan paspor untuk Calon TKI. Jika tak sesuai maka kami tolak. Begitu juga peran seluruh pihak untuk terus mengingatkan warganya untuk memberikan edukasi yang kuat untuk menjadi TKI serta melaporkan jika menemui indikasi perdagangan orang,” sebutnya. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here