Waspadai Petir saat Hujan

0
101
Dua kapal berlabuh di pelabuhan saat turun hujan, Selasa (4/9). f-raymon/tanjungpinang pos

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Tanjungpinang memprediksi sebagian wilayah Pulau Bintan (Tanjungpinang-Bintan) akan diguyur hujan deras, beberapa hari kedepannya.

TANJUNGPINANG – BMKG mengeluarkan peringatan dini kalau hujan terjadi disertai petir dan angin kencang. Terutama di pagi hari.

Prakirawan BMKG Kota Tanjungpinang Bhakti Wira Kusumah menuturkan, potensi hujan disertai angin dan petir, masih terjadi dipagi hari hingga siang hari, sampai kira-kira pukul 11.00 WIB.

Menurutnya, fenome ini disebabkan skala global Osilasi Madden Julian (MJO) adalah sebuah pola khatulistiwa anomali curah hujan yang dalam skala planet. MJO ditandai ditingkatkan dan ditekan oleh curah hujan tropis, diamati terutama di atas Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Anomali curah hujan yang biasanya pertama kali terlihat di bagian barat Samudera Hindia, dan tetap jelas. Seperti mengalir di atas air laut yang sangat hangat dari barat dan pusat tropis Pasifik. Sambung dia, pola curah hujan tropis yang menyebabkan gelombang energi tersebut terlihat jelas ketika bergerak di atas air laut timur Pasifik, tetapi muncul atas tropis Atlantik dan Samudera Hindia. Tahap yang basah ditingkatkan konveksi dan curah hujan diikuti oleh fase kering. Dan, fenome lainnya seperti La Nina, Dipole Mode.

”Masyarakat kita tetap waspada karena angin kecang kadang disertai ombak tinggi,” ujanrya.

Sambung dia, warga diminta tetap waspada untuk satu pekan ke depannya. Curah hujan lokal masih terjadi. ”Ya, potensi hujan lokal, berawan sepanjang hari bahkan bisa jadi sampai malam hari,” tambahnya.

Bhakti mengajak masyarakat khususnya di Pulau Bintan-Tanjungpinang, saat melaut untuk tetap waspada.

Hindari memancing dilaut saat turun hujan dan petir, sangat berbahaya. Jangan memaksakan berlayar kalau cuaca tidak bersahabat. (SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here