Waterfront City Jadi Kawasan Hijau

0
237
KAWASAN Waterfront City yang harus ditimbunan pasir untuk ruang terbuka hijau. f-istimewa

Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kepulauan Anambas, mendesak kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Anambas agar menimbun di area waterfront city di Kelurahan Tarempa Kecamatan Siantan untuk ruang hijau.

ANAMBAS – Sebagai Ibukota Kabupaten Anambas, penimbunan itu dilakukan dalam rangka penataan ruang hijau bagi kepentingan masyarakat.

Ketua KNPI Anambas Hafis Rhiandy menjelaskan, Waterfront City yang kini terlihat seperti kolam akibat tertundanya proses pembangunan penimbunan yang menggunakan material pasir sejak 4 tahun sebelumnya.

”Hampir 4 tahun proses pembangunan penimbunan pasir, dan tanah mengalami penundaan. Pemda harus segera lakukan penimbunan, terhadap Waterfront City itu pada tahun 2019,” Kata Hafis Rhiandy, Rabu (28/11).

Ia menjelaskan, jika dilakukan penimbunan ia yakin ruang terbuka hijau akan bisa terciptakan.

Selain itu juga, lokasi itu bisa dijadikan ikon wisata Kota Kabupaten dan jajanan kuliner pada malam hari. Sehingga, bisa diberi kesempatan kepada masyarakat yang ingin berdagang kuliner di sana.

”Kapan lagi Pemda bisa lakukan penimbunan, dan harus menunggu berapa lama lagi,” kata dia.

Sedangkan Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris SH mengatakan, Pemda sudah menganggarkan untuk penimbunan Waterfront City tersebut dengan nilai anggaran sekitar Rp4 miliar.

Ia juga menjelaskan, penimbunan itu membutuhkan material pasir atau tanah mencapai 30 ribu kubik.

Pasir dan tanah bisa diambil dari gunung samak dan batu tabir. ”Pasir 10 ribu kubik sedangkan tanah 20 ribu kubik. Butuh anggaran sekitar Rp 4 miliar,” jelasnya.

Saat ini OPD terkait sedang melakukan pembahasan dengan pihak DPRD. Ia yakin, hal itu akan mendapat respon yang baik dari seluruh anggota DPRD Anambas.

”Masih dibahas hari ini, Insya Allah akan disahkan oleh DPRD,” tutupnya.

Selain itu, beberapa masyarakat setempat juga menilai pentingnya keberadaan ruang hijau.

Sehingga, dapat menjadi kawasan bagi wisatawan atau pun warga setempat untuk sekedar bersantai-santai di sore hari. (INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here