Wawako Optimis Pelayanan RSUD Batuaji Membaik

0
232
RSUD: Bangunan gedung RSUD Embung Fatimah di Batuaji. f-dokumen/tanjungpinang pos

BATAM – Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengakui jika persoalan RSUD Batam, mulai terurai dan akan dilakukan perbaikan dari pengelolaan keuangan dan pelayanan di rumah sakit. Di mana, untuk pembayaran gaji THL untuk tahun 2018, sudah dilakukan. Sementara untuk tahun 2017, masih dikomunikasikan ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Selanjutnya diharapkan tidak ada lagi masalah.

Di mana disampaikan Amsakar Achmad, pembayaran mulai kemarin, Selasa (30/1). Dijamin, gaji THL untuk bulan-bulan yang akan datang, tidak akan terkendala. Dimana, gaji THL akan dilakukan setiap akhir bulan. ”Pembayaran dilakukan tiap minggu terakhir, ahir bulan. Sekitar 27 sampai 29,” ujarnya.

Sementara untuk pembayaran gaji Desember 2017, diakui pihaknya masih menunggu hasil audit dari BPK. BPK juga yang diakui memutuskan, apakah pembayaran gaji Desember, masuk neraca utang, atau tidak. ”Kalau BPK menilai masuk neraca utang, akan kita anggarkan untuk pembayarannya,” jelas Amsakar.

Lebih lanjut soal pengadaan obat, mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam ini mengatakan, sementara waktu dapat diatasi. Itu berkat bantuan obat dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepri dan Dinas Kesehatan Kota Batam. Meskipun untuk obat-obat berat yang terikat dengan vendor tertentu, masih mengalami hambatan.

”Tapi, dari pembahasan tadi, tujuh vendor sudah oke. Dengan catatan kita tandatangani utang-piutang yang ada pada catatan mereka,” ujarnya.

Saat ini, Pemko Batam juga masih menunggu hasil audit dari BPK terhadap transaksi yang dilakukan RSUD dengan pihak vendor. Sementara soal peralatan kesehatan yang rusak, dikatakan tim kalibrasi dari penyedia jasa sudah datang. Dimana, lima kamar operasi juga diakui sudah dioperasikan.

”Alat kesehatan yang rusak sudah diperbaiki. Dari lima kamar operasi, tiga di antaranya sekarang sudah bisa dioperasikan dengan baik. Sisanya, satu atau dua hari ini selesai,” imbuhnya.(mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here