Wello Akan Tolak Lahan yang Tak Siap Pakai

0
560
Alias Wello

Lingga – BUPATI Lingga H Alias Wello menegaskan Pemkab tidak akan menerima lahan sawah yang tidak siap tanam pada program percetakan sawah seluas 3.000 hektare dari Kementerian Pertanian yang dikerjakan oleh pihak ketiga. Hal ini berdasarkan, adanya keluhan gagal panen padi di lahan percetakan sawah yang telah selesai dikerjakan.

”Petani mengeluh kondisi padi yang tidak tumbuh subur karena serangan hama. Padi yang tumbuh tidak berbuah ketika dicabut akar sudah tidak ada,” kata Alias Wello, kemarin.

Ia menyampaikan, informasi yang diperolehnya bahwa pihak ketiga yang melaksanakan pembukaan lahan sawah tidak melakukan sesuai permintaan, sehingga lahan tidak siap untuk ditanami padi.

”Untuk itu, saya minta Dinas Pertanian Kabupaten Linga untuk tidak menerima lahan yang belum siap tanam,’ tegas pria yang akrab disapa Awe ini.

Dilanjutkannya, program pertanian adalah program yang akan mengubah pola kerja sebagian masyarakat dari nelayan menjadi petani. Untuk itu program ini harus didukung dengan persiapan yang matang dari sarana dan prasarana pendukung.

”Jangan nanti maayarakat sudah bersusah payah bertanam padi, berlumpur namun gagal panen akibat lahan yang tidak siap tanam dan kekurangan pupuk,” jelas Alias Wello.

Ke depan, Pemkab Lingga telah mempersiapkan beberapa program pendukung pertanian. Penyusunan skema distribusi pupuk bersubsidi dan penyuluh pertanian.

”Kita rencanakan Lingga akan menjadi daerah pemasok kebutuhan pertanian di Kepri,” imbuhnya.(Tengku)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here