Wifi Gratis Beri Kemudahan Masyarakat

0
147
SEJUMLAH anak berkumpul usai pulang sekolah untuk manfaatkan akses Wifi gratis. F-HARDIANSYAH/tanjungpinang pos

Jaringan internet nirkabel (Wifi) gratis yang dipasang pemerintah melalui program bantuan Palapa Ring Barat (PRB), tentunya memberikan banyak kemudahan, untuk warga Ranai dalam mengakses informasi melalui jaringan internet.

NATUNA – Warga bukan hanya mempergunakan akses Wifi itu sebagai sarana mengakses informasi, melainkan juga dijadikan sarana edukasi dan menikmat hiburan positif yang edukatif.

Keberadaanya bukan hanya dipergunakan oleh kalangan dewasa, melainkan anak-anak dan pelajar juga memanfaatkannya sebagai sarana belajar dan untuk sekedar menikmati hiburan dengan bermain game.

”Dengan adanya internet Wifi ini, kami buka aplikasi pelajaran online. Disini nyaman bukanya. Enak sambil duduk dipantai, sambil melihat pelajaran. Setelah selesai belajar, kami juga dapat main game secara online. Gratis lagi,” kata Shasa, murid kelas 6 SD 12 Ranai, di Pantai Kencana Ranai, Jumat (14/9).

Kemudahan yang dihadirkan Wifi gratis itu, sedikitnya ada dua yakni kemudahan dalam mengakses informasi karena jaringannnya lancar. Kedua, jaringan Wifi tersebut tersalurkan langsung dari serat optik PRB

”Terus sisi gratisnya juga cukup membantu. Wifi ini juga aman dari kemungkinan, anak-anak untuk membuka konten berbahaya seperti pornografi dan konten bahaya lainnya. Karena sudah dilengkapi dengan sistem sekuritas yang memadai dan aman tentunya,” timpal Rahman, seorang warga.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Natuna Raja Darmika menjelaskan, Wifi gratis yang sama sudah terpasang dan beroperasi di lima titik lokasi di Ranai.

Lokasi dan titik-titik Wifi itu diantaranya di Pantai Kencana, Komplek Perkantoran Bukit Arai, Lokasi TIC depan Masjid Agung serta loksi lainnya.

”Ke depan, Wifi serupa akan terus bertambah. Karena kemarin kita usulkan 17 titik, tetapi tahun ini baru terpenuhi baru lima titik saja. Kita ingin masyarakat dapat mengakses informasi dengan mudah,” ujarnya.

Beberapa waktu lalu, pada pemberitaan sebelumnya, Raja Darmika menjelaskan, dari 70 desa dan 6 kelurahan diwilayah Kabupaten Natuna baru ada satu desa yang sudah merasakan akses internet yang lancar.

”Sepengetahuan saya hampir disemua desa belum ada akses internet. Hal ini dikarena jangkauan akses internet, yang masih susah menggunakan hape,” kata Raja Darmika, beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, satu desa yang telah merasakan akses internet yaitu Desa Sebadai Ulu dan 5 sekolah yang mendapatkan bantuan akses internet melalui satelit Vsat dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI.

”Jaringan internet masih jauh dirasakan oleh masyarakat Natuna, buktinya dari 70 desa baru ada 1 desa yang merasakan jaringan itu,” jelasnya.

Untuk itu, pihaknya sudah mengusulkan ke kementerian untuk akses internet desa dan persyaratannya untuk desa yang listriknya menyala selama 24 jam. (HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here