Wings Air Akan Landing di Letung

0
645
MASKAPAI Wings Air saat ujicoba landasan Bandara Letung tahun lalu.F-INDRA GUNAWAN/tanjungpinang pos

Maskapai Penerbangan Nasional Wings Air, direncanakan segera landing di Bandara Letung untuk melayani transportasi masyarakat Anambas.

ANAMBAS – Mendaratnya salah satu maskapai penerbangan nasional ini, menjadi solusi terbaik dalam mengatasi persoalan transportasi.

Selain itu, adanya Wings Air juga membuka gerbong pariwisata dalam mempercepat dinamika perekonomian di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA).

Sehingga, untuk keluar masuk ke kabupaten termuda di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) telah ada. Namun, mulai bergeraknya dinamika perekonomian masyarakat dan banyaknya kunjungan wisatawan sehingga transportasi yang ada sudah tidak memadai.

Saat ini, untuk transportasi udara telah ada yakni maskapai Xpress Air yang melayani tujuan Tanjungpinang-Matak Pulang Pergi (PP) setiap hari.

Selain itu, maskapa perintis Susi Air tujuan Tanjungpinang-Letung dua kali dalam satu minggu serta Batam-Letung satu kali dalam seminggu. Untuk transportasi laut, bisa menggunakan kapal feri cepat maupun kapal KM Bukit Raya.

Baca Juga :  Wantimpres Tampung Keluhan Nelayan

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel ) Bandara Letung Ariadi Widyawan optimis, bahwa maskapai penerbangan Wings Air akan landing di Bandara Letung pada bulan Maret ini.

Menyusul, pengurusan mendaratnya pesawat tersebut sedang dalam proses. ”Alhamdulillah kita sudah melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor), dengan pemerintah daerah dalam menyiapkan pendukung transportasi antar moda,” kata Ariadi Senin (5/3).

ntuk melayani Untuk penerbangan ke Bandara Letung, maskapai Wings Air akan mempergunakan pesawat berjenis ATR 72 dengan kapasitas 72 sit.

”Dengan geografis kepulauan, tentunya mesti ada transportasi penunjang khususnya bagi masyarakat dari kota Tarempa dan kecamatan lain yang ada di Anambas,” ujarnya.

Baca Juga :  Kajari Pantau Langsung Proyek Pendampingan

Disinggung kapan pastinya Wings Melayani penerbangan dibandara Letung, Ariadi belum dapat memberikan tanggal pastinya dan ia optimis di bulan Maret ini.

”Untuk tanggalnya nanti akan dikabari, namun kita optimis di bulan Maret ini,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Ariadi menyampaikan, bahwa Kementrian Perhubungan akan memberdayakan masyarakat sekitar untuk pengerjaan Bandara Letung terutama yang sifatnya non skill.

Untuk Pemberdayaan masyarakat lokal merupakan instruksi dari Menteri Perhubungan akan memberdayakan masyarakat lokal agar tidak hanya penonton jadi juga punya kesempatan.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Abdul Haris SH menyambut baik akan beroperasinya Wings Air di Anambas.

Hal ini akan mempermudah serta mempercepat akses keluar dan masuk ke Anambas, baik itu bagi masyarakat maupun bagi wisatawan. Untuk itu, lanjut Haris, pihaknya akan semaksimal mungkin akan mempersiapkan trasnportasi antar moda di kecamatan dan destinasi wisata.

Baca Juga :  Penderita HIV Meningkat Terus

”Daerah kita ini penuh dengan destinasi wisata yang indah. Masuknya Wings akan memudahkan wisatawan untuk masuk ke daerah ini,” jelas Haris.

Pada kesempatan itu, Haris juga meminta kepada Presiden RI Joko Widodo untuk dapat berkunjung ke Anambas guna melihat Anambas yang berada di ujung nusantara ini dengan segala potensi yang dimiliki.(INDRA GUNAWAN)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here