Wisata Gunung Gundul Perlu Dikembangkan

0
827
WISATA: Seorang pengunjung saat berada di kawasan wisata Hutan Gunung Gundul. F-ISTIMEWA

NATUNA – Kawasan Wisata Gunung Gundul di Desa Harapan Jaya, Kecamatan Bunguran Tengah menjadi salah satu tujuan wisata Natuna. Namun kawasan ini belum tersentuh rencana pengembangan oleh pihak berwenang. Kawasan wisata ini, dinilai cukup strategis oleh warga karena kawasannya tidak jauh dari jalan raya.

Keunggulannya, Gunung Gundul memiliki view-nya dapat menjangkau daratan dan laut Natuna sepanjang mata memandang. Kontur kawasan itu, terdiri dari gunung dengan puncak tertinggi sekitar 300 Mdpl diapit dua gunung yang lebih rendah.

Kawasan itu ditumbuhi dan tumbuhan-tumbuhan yang beranekaragam.
Seperti tumbuhan beringin, pohon bonsai dan tanaman hutan lainnya. ”Dulu kawasan ini sering menjadi pusat perkemahan pelajar, terutama sekali Pramuka Natuna,” kata Soleh, seorang warga Desa Mekar Jaya di Jalan Jenderal Sudirman, Ranai, kemarin.

Lokasi itu juga dinyatakan layak untuk dijadikan lokasi meditasi bagi mereka-mereka yang hendak menangkan diri. ”Bertapa disitu cocok juga karena tempatnya nuyaman. Suasananya tenang dan sejuk,” sambung Soleh.

Ia berharap, pemerintah bisa menjadikan lokasi itu sebagai destinasi wisata yang resmi di Natuna. Sebab, posisi Gunung Gundul berada persis di tengah-tengah Pulau Bunguran Besar. Saat ini, jalan menuju lokasi hanya bisa dilalui sepeda motor dan belum ada fasilitas umum lainnya. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here