Wisata Pulau Nongsa Masuk di RTRW

0
358
Nuryanto

BATAM – Setelah lama ditunggu, Pemerintah Kota (Pemko) Batam akhirnya menyelesaikan rancangan Perda RTRW. Ranperda RTRW Kota Batam itu kini sudah diserahkan ke DPRD Batam. Direncanakan, pembahasan akan mulai dilakukan pada triwulan I tahun 2018. Terkait isi, Ranperda ini juga mengakomodir rencana pengemangan Pulau Nongsa, sebagai kawasan parawisata.

Ketua DPRD Batam, Nuryanto, Selasa (13/2) mengakui kalau Ranperda RTRW Batam, sudah mereka terima akhir tahun 2017. Saat ini, Ranperda itu diakui sudah masuk dalam Prolegda Batam. ”Bagaimana kelanjutannya, nanti di Baperda. Triwulan pertama, akan kita bahas. Saya sudah disposisi ke Bapperda,” ungkap Nuryanto.

Diakui pihaknya bersyukur karena Ranperda RTRW sudah disiapkan Pemko, setelah menunggu sekitar 7 tahun. Bahkan sebelumya, DPRD Batam beberapa kali menyurati Pemko, agar mengajukan Ranperda RTRW Batam. ”Provinsi tahun lalu sudah, kita baru terima akhir 2017 dari Pemko. Saya bilang, lambat Pemko,” bebernya.

Di tempat berbeda, Wali Kota Batam, HM Rudi mengatakan, materi Ranperda yang mereka ajukan, sejalan dengan Perda RTRW Provinsi Kepri. ”Kita tunggu dari Pansus (DPRD) nanti,” kata Rudi, setelah memanggil Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Batam, Wan Darussalam.

Dari segi isi, diakui yang lebih detail dibanding RTRW Provinsi, terkait dengan kawasan-kawasan seperti hutan lindung. ”Sudah pas. Sudah sesuai dengan RTRW Provinsi. Yang kurang, terkait hutan lindung,” jelas Rudi.

Ditanya terkiat dengan Pulau Nongsa yang dicanangkan Rudi untuk dikembangkan, diakui sudah masuk. ”Pulau Nongsa itu masuk Tata Ruang Laut. Itu sudah kita masukkan,” sambung Wan Darussalam menimpali.

Di tempat berbeda, Ketua Bapperda DPRD Batam, Sukaryo mengakui belum menerima Ranperda RTRW Batam. ”Belum terima. Lambat kita. Padahal Perda nomor 1 Tahun 2017 tentang RTRW Provinsi sudah selesai setahun. Tapi coba cek Ketua, siapa tahu benar sudah disampaikan Pemko. Kita butuh itu, karena menjadi acuan untuk membangun,” bebernya. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here