Wisman Takut ke Penyengat

0
2110
PULAU PENYENGAT: Peserta wisatawan saat jelajah Pulau Penyengat saat berada di Pulau Penyengat. Destinasi wisata ini sudah dikenal oleh turis mancanegara. Banyak objek wisata peninggalan sejarah, masih terawat dengan baik dan layak dikunjungi oleh wisatan luar negeri dan dalam negari.f-istimewa

Wisatawan mancanegara (Wisman) kurang berminat ke tempat wisata di Pulau Penyengat. Salah satu alasannya, karena pompong tujuan Penyengat, dinilai tak layak bagi keselamatan turis.

TANJUNGPINANG – Tragedi tenggelamnya pompong tujuan Pulau Penyengat dari Tanjungpinang, Minggu (21/8) tahun lalu, menewaskan 10 penumpang masih teringat di kalangan pengunjung. Hal ini ini diungkapkan Ketua Kadin Tanjungpinang, Bobby Jayanto, juga pengusaha pariwisata di Pulau Bintan. ”Turisnya dari Tiongkok yang ngomong langsung ke saya. Mereka (turis, red) tidak berani ke Penyengat, karena takut mengunakan pompong yang ada di Tanjungpinang,” kata Bobby Jayanto, kemarin.

Baca Juga :  Tanah Longsor Taman Gurindam Ditutup Terpal

Mantan Ketua DPRD Tanjungpinang ini menegaskan bukan hanya turis yang takut naik pompong ke Penyengat, tapi pengunjung dari pulau Jawa misalnya, mereka tak pernah melihat laut, melihat kondisi transportasi laut di Penyengat seperti sekarang ini, mereka juga merasa takut. ”Kalau warga tinggal di daerah pesisir, tak takut dengan kondisi pompong sekarang ini karena sudah terbiasa dengan laut. Nah, kalau turis yang tak pernah lihat laut, melihat kondisi transportasi laut kita itu pasti takut,” bebernya.

Mestinya, kata Bobby pemerintah membuat pompong yang bagus dan bisa menjaga keselamatan penumpang, khusus untuk turis. ”Perlulah dibenahi kalau mau turis mancanegera mau berkunjung ke Penyengat,” bebernya.

Baca Juga :  Tengku Muktharuddin Ditahan

Kata dia, tempat wisata di Penyengat, layak di kunjungi para turis. Karena, historisnya ada hubungan dengan kerajaan di Malaysia. Di Penyengat juga banyak situs-situs yang indah, peninggalan kerajaan yang berdiri mewah. ”Tapi sarana dan prasananya harus dipercantik. Sistem transportasinya juga harus dibenahi,” tegasnya.

Ia juga mengkritik event pariwisata yang dibuat oleh pemerintah provinsi dan kota, belum bisa meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara. ”Kalau dibuat event pariwisata harus dikemas dengan baik. Libatkan pengusaha pariwisata. Jangan ragu-ragu minta masukan kepada pengusaha pariwisata, event apa yang layak digelar. Supaya event digelar bisa mendatangkan turi,” tegasnya.

Baca Juga :  Polsek Bantu Warga Pohon Natal

Kata dia, banyak objek wisata yang layak di kunjungi wisatawan mancanegara di Tanjungpinang selain Pulau Penyengat. Ada Vihara di Senggarang yang usianya sudah ratusan tahun. Ada Pulau Basing, Tanjungsiambang yang layak dikunjungi.(ABAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here