Wisuda, Kantongi Sertifikasi Java Fundamentals

0
640
MAHASISWA-MAHASISWI UMRAH Tanjungpinang saat mengikuti ujian komptensi Java Fundamentals, belum lama ini. f-istimewa/humas umrah

Lulusan Teknik Informatika UMRAH Tanjungpinang

TANJUNGPINANG – Sebanyak 24 mahasiswa/i jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dibekali kemampuan dasar Java Fundamentals.

Java Fundamentals merupakan mata kuliah yang membahas pemrograman berorientasi objek, dengan bahasa pemrograman menggunakan Java.

Untuk itu, mahasiswa yang akan diwisuda pada Maret mendatang diberikan sertifikasi dengan mengikuti ujian sertikasi.

Ujian itu dilaksanakan sejak 29 Januari hingga 2 Februari, bertempat di Kampus Fakultas Teknik UMRAH di Senggarang. Ujian sertifikasi Java Fundamentals digelar bekerjasama dengan lembaga sertifikasi Oracle Academy.

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kompetensi calon lulusan/wisudawan. Sebelumnya, dosen Ketua Jurusan dan Dosen Teknik Informatika Hendra Kurniawan M.Sc.Eng sebelumnya telah mengikuti Training of Trainer (ToT) agar proses penyampaian materi kepada mahasiswa sesuai dengan standar Oracle.

Hendra menyampaikan, sertifikasi Java Fundamentals bagi peserta yang lulus diakui secara internasional. ”Sertifikasi kelulusan langsung dikeluarkan oleh Oracle Academy. Peserta memiliki akun online pada laman resmi Oracle Academy, untuk menyelesaikan tugas/kuis, ujian pertengahan dan ujian akhir selama training berlangsung,” terang Hendra.

Hendra menambahkan, secara institusi UMRAH juga dapat mengakses software industri terkemuka Oracle tanpa dipungut biaya. Sebab, software-software tersebut dapat digunakan dalam proses perkuliahan dan penelitian.

Sehingga, bagi dosen dan mahasiswa UMRAH yang ingin bergabung dengan Oracle Academy dapat langsung melakukan registrasi pada laman https://academy.oracle.com.

”Setiap peserta wajib mengisi jawaban ujian secara online, kemudian hasil dari jawaban tersebut dapat langsung diketahui beberapa saat setelah semua jawaban diisi. Proses penilaian ujian sertifikasi dilakukan melalui sistem berbasis komputer yang telah disediakan oleh Oracle Academy,” jelasnya.

Pada tahun 2018, direncanakan pelaksanaan sertifikasi sebanyak 3 periode (Batch). Pada periode pertama ini, lanjut Hendra, juga diundang beberapa perwakilan siswa SMK Bidang Teknologi Informasi di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan untuk ikut berpartisipasi.

Hal tersebut dilakukan, sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat yang dilakukan oleh Jurusan Teknik Informatika UMRAH untuk memberikan kontribusi pengembangan ilmu pengetahuan.

Ke depannya, akan lebih banyak perwakilan siswa-siswa sekolah yang akan diundang dalam mengikuti training dan ujian sertifikasi.

”Tahun ini juga diagendakan beberapa orang dosen Teknik Informatika UMRAH, untuk mengikuti ToT sertifikasi lainnya, seperti ToT sertifikasi Microsoft Technology Associate dan ToT sertifikasi CISCO CCNA. Sehingga, jumlah sertifikasi kompetensi yang dapat dilaksanakan semakin banyak dan baik kualitasnya,” ungkapnya. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here