Wujudkan Penerapan E-Government, Pemko Gelar Bimtek Kearsipan

0
115
KEGIATAN Bimtek aprsip di Batam. f-istimewa

BATAM – Untuk mendukung penerapan E-Government, Arsip Nasional RI menyerahkan aplikasi sistem informasi kesiapan dinamis (SIKD) kepada Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

Ini bertujuan untuk pengelolaan arsip yang terintegrasi dalam e-office yang merupakan bagian penting dalam sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).

Untuk itu Dinas Perpustakaan dan Arsip menggelar bimbingan teknis kearsipan untuk pengelola arsip ditiap OPD.

”Penerapan E-Government dibidang kearsipan bukan lagi sebuahpilihan melainkan kewajiban dan kebutuhan. Karena pembangunan sistem teknologi kearsipan akan menjamin ketersediaan akses data dan informasi yang dapat dimanfaatkan dimasa mendatang,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin saat membuka acara bimbingan teknis Kearsipan bagi pegawai di lingkungan Pemko Batam, kemarin di Kantor Walikota.

Kegiatan ini menurutnya diselenggarakan sebagai upaya pembinaan untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengelola arsip yang profesional. Katanya, dinas terkait telah menyusun instrument kearsipan dinamis. Juga meningkatkan kualitas SDM kearsipan dan melakukan pengembangan staf lembaga kearsipan daerah (LKD) melalui diklat.

”Oleh karena itu demi terwujudnya pemahaman dan penyelenggaraan kearsipan yang sesuai dengan kaidah kearsipan maka dipandang perlu dilaksanakan pembinaan untuk mewujudkan pengelolaan kearsipan yang berkualitas sesuai ketentuan yang berlaku,” tuturnya.

Untuk mengikuti bimbingan teknis ini tiap OPD mengirimkan 2 orang perwakilan. Kegiatan akan berlangsung selama tiga hari ke depan hingga Jumat (11/10). (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here