Xiaomi Ajak 24 Supplier Investasi di Batam

0
722
Pihak Xiaomi saat membawa 24 supplier-nya ke BP Batam Senin (7/5).f-istimewa

BATAM – Perusahaan Xiaomi yang memproduksi ponsel dan sedang naik daun di Batam, mengajak 24 supplier-nya untuk investasi di Batam. Untuk pertama kali di Indonesia, digelar Xiaomi supplier investment Summit. Xiaomi tidak hanya merakit komponen di Batam seperti selama ini, tapi nantinya menghasilkan barang jadi untuk pasar Indonesia dan Asean.

Director of Xiaomi, Ms Liu Di yang datang dari Cina bersama supplier-nya, Senin (7/5), mengatakan, Indonesia merupakan pasar penting di dunia, bagi Xiaomi. Karena itu, mereka mengajak suppliernya ke Batam, dengan harapan akan melakukan investasi dan memproduksi Xiaomi untuk pasar Indonesia.

”Hari kami mengajak, karena pasar di luar Tiongkok, Indonesia menjadi pasar penting di dunia. Kami ajak bapak-ibu untuk datang ke Indonesia, untuk menjajaki dan invest. Kita akan menanti keberhasilan bersama,” kata Ms Liu Di.

Baca Juga :  Wawako Keluhkan Lahan Tidur Hambat Pembangunan

Diakui, Xiaomi supplier investment Summit merupakan kegiatan penting bagi mereka. Kegiatan ini diakui yang pertama dilakukan pihaknya di Indonesia. ”Xiaomi sudah menjadi perusahaan ponsel terbesar ke empat di dunia. Pimpinan Xiaomi memutuskan keuntungan yang diambil, tidak leih dari 5 persen. Sehingga harga produk sangat terjangkau,” jelasnya.

Sementara Direktur Xiaomi Indonesia, Steven Shi mengatakan, kegiatan hari itu di Batam, merupakan momen bersejarah untuk smartphone di Indonesia. Pasar yang besar di Indonesia akan mendorong supplier semakin besar. Pihaknya akan termaksud mendorong investasi lebih besar di Indonesia, dalam hal ini Batam.

Baca Juga :  Masjid Agung Tampung 50.000 Jamaah

”Kami akan mendorong investasi lebih besar. Makanya kami aja supplier yang lengkap, 24 suplier di Cina datang ke Batam. Diharapkan, mereka akan berinvestasi di Indonesia. Sehingga meningkatkan peluang kerja dan TKDN,” katanya.

Mereka juga diakui akan melakukan transfer pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat Indonesia. Soal produk di Batam, mereka saat ini memiliki kerjasama atau patner, Sat Nusapersada. ”Kerjasama selama ini berjalan baik, sehingga yang diproduksi di Batam, merupakan kelas dunia,” tegasnya.

Di tempat sama, Kepala BP Batam, Lukita mengatakan, mereka menyambut baik kehadiran dan dorongan invest dari supplier Xiaomi di Batam. Mereka mengajak Xiaomi untuk meningkatkan investasi dan berjanji akan membantu. BP dijanjikan memberikan kemudahan investasi dan berusaha.

Baca Juga :  HM Rudi Dinobatkan Walikota Terbaik 2019

”Kami memberikan izin investasi dalam 3 jam. Sambil proses izin, bisa lakukan kontruksi. Kami akan kawal. Jadi kami tidak melepas investasi berjalan sendiri, kami bantu untuk mendapat izin dari kementerian juga,” janji Lukita.

Mereka siap membantu dan mendukung produksi komponen pendukung Xiaomi yang diproduksi di Batam agar terus meningkat. ”Kami mendukung ditingkatkan produksi dari 1 juta perbulan menjadi dua kali lipat. Apa yang bisa kami lakukan, akan kami bantu agar pabrik didirikan dibangun di Batam,” sebutnya. (MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here