Xpress Air Buka Rute Tanjungpinang-Padang

1
1089
RUTE BARU: Pilot dan manajemen Xpress Air bersama utusan pemerintah foto bersama sebelum penerbangan perdana Tanjungpinang-Padang, Selasa (5/9). f-istimewa

Xpress Air kembali melebarkan sayapnya ke wilayah baru. Selasa (5/9), Xpress Air melakukan penerbangan perdana dari Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang ke Bandara Minangkabau, Padang.

TANJUNGPINANG – Tepat pukul 07.00, maskapai ini terbang perdana Tanjungpinang ke Padang. penerbangan perdana disaksikan oleh Wali Kota Tanjungpinang H Lis Darmansyah, Business Development Manager Xpress Air Fanny Andri. Pesawat ini terbang tiga kali  seminggu. Mulai, Selasa, Kamis dan Sabtu. Dari Tanjugnpinang ke Padang pukul 07.00. Dari Padang ke Tanjungpinang pukul 09.40.

Harga tiketnya Tanjungpinang ke Padang hanya Rp499 ribu. Kemudian, per tanggal 18 Agustus kemarin, Xpress Air sudah terbang setiap hari dari Tanjungpinang ke Matak, kecuali hari Minggu. Business Development Manager Xpress Air Fanny Andri menjelaskan hadirnya rute baru akan memenuhi kebutuhan perjalanan antarpulau bagi masyarakat ke Tanjungpinang di Kepulauan Riau dengan Kota Padang. Ia meliaht, banyak orang Minang yang tinggal di Tanjungpinang dan Bintan. Begitu juga sebaliknya. ”Rute Tanjungpinang-Padang potensial untuk perjalanan bisnis, dinas, maupun wisata. Kita minta masyarakat memanfaatkan rute ini, tak perlu lagi ke Batam kalau hanya ingin ke Padang naik pesawat, sudah ada di Tanjungpinang,” tegasnya.

Kata dia, untuk jadwal, Xpress Air terbang tiga kali seminggu yakni Selasa, Kamis, dan Sabtu. Jadwal dari Tanjungpinang ke Padang 07.00 dan tiba di Padang pukul 08.15 dan Padang-Tanjungpinang 08.45 dan tiba di Tanjungpinang 10.10. Selain rute baru, Xpress Air juga menambahkan frekuensi terbangnya dari Tanjungpinang ke Matak, Anambas. Sebelumnya, hanya dua kali seminggu , sekarang sudah menjadi setiap hari satu kali penerbangan, kecuali Minggu. ”Kita harapkan pemerintah daerah memberikan dukungan. Gelar event-event pariwisata,” tegasnya.

Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah, mengucapkan terima kasih, kepada manajemen Xpress Air, telah membuka rute baru Tanjungpinang ke Padang. ”Rute Tanjungpinang ke Padang, memang kami yang meminta kepada maskapai. Tapi, yang merespon hanya Xpress Air,” bebernya.

Lis juga telah mengajukan permohonan penerbangan langsung dari Tanjungpinang ke Surabaya, Jawa Timur. Tapi, hingga saat ini, maskapai tak satupun mau merespon. ”Kita minta ada maskapai mau buka rute Tanjungpinang ke Surabaya,” harapnya. Kata dia, makin banyak penerbangan dari Tanjungpinang ke beberapa daerah, sudah terbukti bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Tanjungpinang. ”Alhamdulillah semakin banyak penerbangan dari Tanjungpinang, sangat baik untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Tanjungpinang, Bobby Jayanto, memberikan apresiasi kepada manajemen Xpress Air. Karena, telah membuka rute baru Tanjungpinang ke Padang. Ia melihat, adanya penerbangan langsung dari Tanjungpinang ke Padang, membuka peluang bisnis dan pertumbuhan ekonomi ke dua daerah. “Kita ketahui Padang salah satu penghasil pertanian cukup baik. Bisa di pasarkan di Tanjungpinang,” bebernya.

Kemudian, Tanjungpinang dan Bintan sebagai kawasan, memiliki potensi tempat wisata, bisa dijadikan warga Padang bisa berlibur ke Tanjungpinang dan Bintan. ”Rute baru ini bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Tanjungpinang dan Bintan. Kita minta pemerintah benahi objek wisata,” tegasnya.(ABAS-ANDRI)

1 KOMENTAR

  1. Seandainya pemerintah tanjungpinang juga meminta rute TNJ – BDO , sepertinya banyak juga dari jawa barat yang datang kemari tapi harus lewat HND atau kalau mau lewat BDO harua transit lewat CGK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here