Yachter Wonderful Sail II Tiba di Lingga

0
226
SAMBUT: Wakil Bupati Lingga M Nizar menyambut yachter Wondeful Sail II saat sampai di Penuba, Kamis (12/10). F-ISTIMEWA

LINGGA – PULUHAN yacht yang ikut serta dalam ajang Wonderful Sail II Indonesia, telah tiba di titik labuh yang ada di Kabupaten Lingga. Rombongan yacht tersebut mengarungi rute panjang, yang bermula dari New Zealand pada awal Juli 2017 lalu.

Sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Lingga Muhammad Bajari mengatakan, di Kabupaten Lingga telah memiliki 14 titik labuh jangkar. Namun, yang paling diminati wisatawan yakni Pulau Penuba dan Pulau Benan.

”Mereka sudah sampai ke Penuba pada 7 Oktober kemarin. Kita juga sudah melakukan penyambutan pada Senin (9/10) yang dipimpin langsung Wakil Bupati M Nizar beserta ibu Bupati yakni Ibu Heryulita Wello,” kata Bajari, Kamis (12/10).

Ia menjelaskan, target awal kapal yacht yang masuk ke Penuba yakni sekitar 40 kapal. Namun, kali ini yang berlabuh hanya ada 17 kapal. ”Kalau di Benan, info yang saya dapat saat ini ada lebih kurang 23 kapal. Kita juga melakukan penyambutan hari ini. Nantinya ibu Heryulita Wello yang akan turun menyambutnya,” jelasnya.

Penyambutan para yachter tersebut, merupakan agenda Pemkab Lingga untuk menyambut setiap wisatawan. ”Kita menyambutnya dengan adat seperti tari persembahan, dan tepuk tepung tawar,” katanya.

Rute yang dilalui yachter ini sangat eksotis, sejak berangkat dari Opua di New Zealand awal Juli lalu. Selanjutnya yachter ini masuk ke Indonesia via Papua Nugini, Dari Royal Papua Yacht Club di Port Moresby di Papua Nugini, kapal berlayar dan memasuki perairan Indonesia dan telah mengeksplor beberapa daerah.(TENGKU IRWANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here