Yachters Turun Belanja ke Kota Lama

0
542
KELILING: Para yacthers di bantu KPLP dan TNI-Polri diajak berkeliling dan naik ke darat. f-ISTIMEWA

TANJUNGPINANG – PARA pelayar atau yachters yang mengikuti Wonderfull Indonesia Sailing (Sail Sabang) yang merupakan rangkaian Festival Bahari Kepri (FBK) sudah berada di Tanjungpinang.

Kini sudah ada sekitar 33 kapal layar (yacht) dari luar negeri berada di laut Tanjungpinang. Mereka berdatangan dari negara Belanda, Amerika, Asustralia, Perancis, Swiss, Canada, Melta, Jerman dan Inggris.

Hal ini dikatakan Liaison Officer (LO) Yacth sekaligus ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kota Tanjungpinang Raja Farul kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (18/10).

Yachters yang sudah tiba di Kepri langsung disuguhi untuk menghadiri berbagai kegiatan yang dilaksanakan. Diantaranya Sound From Motherland of Malay di halaman Gedung Daerah Tanjungpinang. Permainan Rakyat di Tanjung Simbang, Lomba Drumben serta berkunjung ke tempat wisata seperti patung seribu, Batu 14, arah Kijang.

Baca Juga :  Pos Satlantas Halangi Pandangan Pengguna Jalan

Para pelayar juga di bawa berjalan-jalan mulai ke Kota Lama Tanjungpinang. Biasanya untuk berbelanja makanan dan lainnya.

Kapal yang masuk ada yang bersandar di kawasan Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP), Kampung Bugis dan beberapa lainnya.

Ia menambah, ini baru kapal pesiar yang ada di Tanjungpinang, sedangkan di Bintan yang juga sebagai puntu masuk belum di-update kembali. Ditargetkan ada 60 kapal nantinya.

Kadispar Kepri, Buralimar menuturkan, dengan adanya kegiatan sailing kapal pesiar akan memberi dampak positif yang signifikan bagi kegiatan ekonomi daerah.

Baca Juga :  Pertokoan di Kota Lama Tutup, Ekonomi Lemah

Kegiatan tersebut, mendorong semua aktivitas bisnis berbasis pariwisata menjadi hidup dan masyarakat pun memperoleh keuntungan.

Puncaknya nanti, Jumat (20/10) malam di Gedung Daerah.

Bila banyak para yachter dunia berdatangan maka Kepri akan semakin dikenal komunitas pencinta bahari dunia.

Kegiatan ini juga tak terlepas dari bantuan berbagai pihak, termasuk Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP), TNI-Polri dan lainnya. Serta berharap tahun depan terus dilaksanakan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Kepri.

Pantauan di lapangan, banyaknya kapal pesiar berlabuh di kawasan Tanjungpinang, menarik perhatian warga. Banyak yang datang sekedar melihat kapal-kapal tersebut. Bahkan ada yang memfoto serta para anak-anak mendatangi kapal dengan berenang.(DESI LIZA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here