Yan Fitri Dilantik Jadi Wakapolda

0
983
SALAM KOMANDO: Wakapolda Kepri Brigjend Yan Fitri salam komando dengan kapolda dan wakapolda lama usai dilantik, kemarin. f-istimewa/humas polda kepri

BATAM – Serah terima jabatan (Sertijab) Kapolda Kepri, dari Irjen Pol Sam Budigusdian ke Irjen Pol Didid Widjanardi, akan digelar di Jakarta. Selanjutnya, acara pisah sambut akan digelar di Batam. Sebelum acara serah terima dan pelantikan digelar, Kapolda Kepri, Sam Budigusdian terlebih dulu melantik Wakapolda Kepri, Brigjen Yan Fitri menggantikan Brigjen Pol Didi Haryono.

Pelantikan Wakapolda Kepri dilakukan, Sam Budigusdian, Selasa (28/11) di Mapolda Kepri. Yan Fitri sebelumnya sudah pernah menjabat Wakapolda Kepri dengan pangkat Kombes. Kini, Yan Fitri pulang kampung dan kembali menempati posisi yang sama. Hanya saja, kali ini pangkatnya sudah Brigjend.

Sejak naiknya tipe Polda Kepri dari B ke A, maka jabatan Kapolda harus dipimpin jenderal bintang dua dan wakapolda dijabat jendral bintang satu. Yan Fitri dilantik dilantik bersama petinggi Polda lainnya diantaranya, Kombes Pol (KBP) Yani sudarto sebagai Dirnarkoba menggantikan Helmi Santika.

Selain itu, ada juga AKBP Arief Dwi Koeswandono menggantikan AKBP Lutfi Martadian sebagai Dirreskrimum Polda Kepri, Kombes Pol Musa Ikipson Manaek Muara Tampubolon DirIntelkam Polda Kepri digantikan AKBP Bagus Giri Basuki. ”Ini merupakan hal yang biasa dilakukan di internal Polri,” katanya.

Menurut Sam, proses itu sebagai proses pelaksanaan kebijakan pimpinan dalam rangka pembinaan karir bagi personel melalui suatu sistem tour of duty dan tour of area.

Momentum ini juga sangat diperlukan untuk pendewasaan dalam organisasi guna memelihara dinamika organisasi yang semakin kompleks, agar senantiasa selaras dengan perkembangan masyarakat. ”Mutasi merupakan hal yang biasa dalam rangka penyegaran dan jenjang karir,” kata Sam.

Diharapkan, Wakapolda yang baru dilantik bisa segera beradaptasi dan menyesuaikan diri untuk menghadapi tantangan yang terus berkembang. ”Tapi saya yakin Pak Waka ini orang sini dan dia sudah tahu kondisi yang ada dan ditambah beliau sudah pernah bertugas di sini,” imbuh Sam.

Sam Adalah Sahabat Pers Kepri
Sebelumnya, Sam Budigusdian yang menghadiri penutupan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Gedung Pemko Batam, Minggu (26/11), mengungkapkan rencana serah terima jabatan Kapolda.

Dimana, serah terima direncanakan digelar, Rabu (29/11) hari ini di Mabes Polri. Atas pergantian itu, Sam pamit dengan wartawan, sekaligus minta maaf, jika ada kesalahan yang dilakukan selama menjadi Kapolda. ”Sekaligus, dalam kesempatan ini, saya pamit. Rabu serah terima jabatan Kapolda. Mohon maaf kalau ada salah,” kata Sam.

Saat itu, Sam Budigusdian juga menerima penghargaan dari pengurus Persatuan Wartawan Kepri (PWI) berupa lukisan dirinya. Penghargaan ini merupakan kenang-kenangan dari wartawan kepada Sam Budigusdian dan dinyatakan bahwa Sam adalah Sahabat Pers Kepri.

Hubungan wartawan dengan Sam Budigusdian selama bukan sekedar hanya nara sumber saja, namun Sam melihat wartawan seperti sahabatnya sendiri. Begitu juga wartawan melihat Sam sebagai sehabat selain narasumber dan pejabat teras Polri di Kepri.

Selama dua tahun menjabat di Kepri, Sam sudah dua kali juga membantu penyelenggaraan UKW. Sehingga, dengan bantuan Sam, sudah banyak wartawan yang kini dinyatakan kompeten.

Sam akan menjadi bagian sejarah penting para wartawan di Kepri. Apalagi selama ini, antara wartawan dengan polisi tidak ada masalah berarti selama ini. Sam melihat, sekalipun ada kritik atas tulisan wartawan, semuanya itu masukan bagi dirinya dan kritikan itu untuk membangun.

”Saya senang bersahabat dengan wartawan di Kepri. Selama ini kita selalu menjalaninya dengan baik. Tidak ada persoalan. Semoga teman-teman makin sukses. Karena Rabu (hari ini, red) ini, saya akan pindah ke Jakarta,” kata Sam saat itu.

Sasongko Tedjo, pengurus PWI pusat yang memberi sambutan saat itu mengatakan, selama pelaksanaan PWI, belum ada seperti Sam Budigusdian yang begitu erat hubungannya dengan wartawan hingga bersedia membantu pelaksanaan dua kali UKW. Ternyata, kata Sasongko, Sam Budigusdian merupakan assessor untuk Polri. ”Terimakasih pak kapolda. Nanti kita bisa ketemu lagi di Jakarta,” jelasnya. (mbb/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here