Yang Daftar Bisa Langsung Ikut Tes

0
1534
Ketua Stisipol Raja Haji Tanjungpinang Endri Sanopaka saat mengalungkan tanda peserta PKKMB kepada perwakilan maba, belum lama ini di kampus itu. F-istimewa

Stisipol Terima Mahasiswa Baru

Pihak Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji memberi kemudahan bagi calon mahasiswa baru yang mendaftar karena langsung test hari itu juga. Sehingga tidak perlu bolak-balik untuk menunggu jadwal ujian.

TANJUNGPINANG – PENDAFTARAN Mahasiswa Baru (PMB) telah dibuka sejak Maret lalu dan akan berakhir pada Agustus mendatang. Sejak dibukanya PMB, sampai saat ini baru 21 orang calon mahasiswa yang lulus tes.

Hal ini disampaikan Yanti Fitriani selaku Ketua Panitia PMB Stisipol Raja Haji, Jumat (18/5). Ia mengatakan, sejak dibukanya pendaftaran calon mahasiswa ketika mendaftar langsung bisa melaksanakan tes hari itu juga. ”Selain itu, pendaftar juga bisa memilih tanggal sesuai yang ditetapkan panitia PMB,” terang Yanti.

Baca Juga :  Mahasiswa Sosiologi Teliti Budaya Suku Laut

Yanti menambahkan, seleksi mahasiswa baru tetap menerapkan sistem komputerisasi yaitu Computer Assisted Test (CAT) dan juga disertai ujian wawancara. Dalam melakukan seleksi PMB, pihak Stisipol Raja Haji tidak hanya mengejar target kuantitas tetapi juga mengedepankan kualitas.

Hal itu juga ditandai, adanya pendaftar yang dinyatakan tidak lulus mengikuti tes. Selain itu, bisa dilihat dari keseriusan pendaftar menggunakan sistem CAT atau komputerisasi soal yang diberikan ketika tes.

Pembantu Ketua III bidang Kemahasiswaan Kampus Stisipol Raja Haji Desrian Effendi S Sos MPM sebelumnya menyampakan, tes wawancara yang dilakukan bertujuan untuk untuk mengetahui sejauh mana kompetensi dan sikap calon mahasiswa tersebut, selama menjadi pelajar di lingkungannya sesuai standar psikologisnya.

Stisipol Raja Haji, menawarkan tiga Program Studi (Prodi) yakni Ilmu Administrasi Publik, Ilmu Pemerintahan serta Ilmu Sosiologi. Selain itu, Stisipol Raja Haji juga memiliki Program Magister Ilmu Administrasi Publik.

Baca Juga :  Musliha Wardani : Bangga Menjadi Anak Melayu

Ketua Stisipol Raja Haji Endri Sanopaka S Sos MPM mengatakan, pihaknya menawarkan banyak program unggulan dan beasiswa. Selama ini, kampus berstatus negeri atau Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dianggap memiliki beasiswa bagi mahasiswa-mahasiswinya-nya. Namun, anggapan itu tidak benar adanya dan pihak Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenritek Dikti) juga menyalurkan beasiswa bagi kampus berstatus swasta.

Seperti yang dilaksanakan pihak kampus swasta seperti Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji Tanjungpinang, yang telah menyalurkan beasiswa bidik misi sejak 2013 lalu.

Beasiswa bidik misi tersebut, merupakan bantuan biaya pendidikan dari Pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemenristek Dikti. Bantuan tersebut, diperuntukkan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Sehingga, Stisipol Raja Haji telah melaksanakan program beasiswa bidik misi sejak tahun 2013 lalu karena telah berakreditas B untuk seluruh Prodinya.

Baca Juga :  UMRAH Kirim Mahasiswa Ikuti Konsolidasi Nasional

Diamana, akreditasi B untuk seluruh prodinya merupakan syarat utama dalam memperoleh atau meyalurkan beasiswa untuk mahasiswanya. Pada tahun 2017 lalu, Stisipol Raja Haji juga telah melaksanakan program beasiswa bidik misi yang kelima kalinya.(ADLY BARA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here