Yang Mana Pasir Legal?

0
1182
Pasir: aktivitas tambang pasir di galang Batang Bintan beberapa waktu lalu.f-dokumen/tanjungpinang pos

MBS, Pak: Distamben,Satpol PP dan Polisi yg memiliki otoritas penangkapan dan penindakan terhadap tambang pasir ilegal. Sy seorang supir lori, karena takut ditindak oleh bpk2 diwaktu mengangkut pasir, makanya Sy bertanya dimana beli pasir (matrial bangunan) yg legal ? Tambang pasir Abun di Mesiran desa gunung Kijang kec Gn Kijang, legal atau ilegal ? Selanjutnya tambang pasir di Nikoi, kiri jalan menuju Trikora, legal atau ilegal ya ? Karena menurut seorang supir pengangkut pasir, salah satu penampung hasil tambang pasirnya Abun adalah pabrik paping blok di kel Kijang kota, mungkin itu legal ya Pak ? Mohon jawabanya, mudah2an Bpk2 tdk membuat jebakan terhadap supir lori pembeli pasir. Dari Rasyid utk semua lapisan.
+6281270319696

TANGGAPAN :
Saat ini Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Pemprov Kepri sudah membekukan izin tambang yang perizinannya merupakan wewenang Pemprov kepri. Tujuannya agar seluruh tambang bisa terdata dengan baik dan bermanfaat untuk daerah. Saat ini seluruh izin perusahaan tambang di kabupaten/kota se Kepri sudah tidak ada yang aktif.

Baca Juga :  Bayar Kopi Pun Payah, Pak!

Izin tambang yang dibekukan itu berupa tambang pasir, tambang bauksit, timah dan yang lainnya untuk wilayah Bintan, Lingga dan Tanjungpinang, Karimun. Hal ini diketahui setelah keluarnya Pengumuman Kementerian ESDM no.1115.pm/04/DJB/2016 tanggal 29Juli 2016 yang ditandatangani oleh Dirjen Minerba RI. Status perusahaan yang ada selama ini sudah dicabut karena dinilai tidak taat aturan. Izin yang dulunya ada di kabupaten dan kota kini dilimpahkan ke provinsi, hampir semua tidak ada jaminan reklamasinya. Dana itu baru boleh dikembalikan ke perusahaan, kalau ada pelaksanaan reklamasi

Baca Juga :  Masjid Raya Bagai Tak Terawat

Izin yang dulu dikeluarkan oleh kabupaten dan kota, kini sudah berakhir dan ada yang dicabut, serta serta tidak diberikan perpanjangan karena habis masa berlakunya.
Walaupun banyak pemilik izin yang memohon perpanjangan izin namun tidak diberikan perpanjangan. Pasalnya, perusahaan tambang di Kepri selama ini dinilai, kinerjanya tidak baik. Termasuk yang di Bintan. Tidak ada lagi perusahaan tambang yang aktif. Ada 39 Ijin Usaha Pertambangan di Kepri yang dicabut.

Seperti diketahui, pemerintah pusat mewacanakan akan membuka kran ekspor hasil tambang. Namun, regulasinya akan diatur kembali hingga aktivitas masing-masing perusahaan tidak merusak lingkungan serta bisa memberi keuntungan bagi negara. (ais)

Baca Juga :  Berantas Pungli Meski Pemberinya Ikhlas

Alfian
Kabid Pertambangan Umum Distamben Provinsi Kepri

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here