1.020 Hafiz Alquran Diwisuda

0
769
Wisuda: Gubernur Kepri H Nurdin Basirun didampingi Sekdaprov TS Arif Fadillah, Wako Tanjungpinang H Lis Darmansyah serta Kanwil Kemenag Kepri H Marwin Jamal saat menghadiri acara wisuda 1000-an hafiz di Batam . F-istimewa/humas pemprov Tanjungpinang

BATAM – Sebanyak 1.020 penghafal Alquran se-Provinsi Kepri sebagai Hafiz Alquran mengikuti wisuda. Saat wisuda, Hafiz Alquran dari tujuh kabupaten dan kota di Kepri ini menunjukkan keahlian mengajinya di hadapan masyarakat umum dan pejabat daerah.

Namun, tidak hanya memiliki kemampuan mengaji dan menghafal, mereka diharapkan bisa membantu menekan angka kriminilalitas.

Wisuda itu sendiri berlangsung di Engku Putri Batamcenter, Kamis (4/5). Menurut Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, Kepri, terutama Batam yang wilayah geografisnya berdekatan dengan negara serumpun, memang rawan akan kejahatan internasional. Penguatan pada agama dinilai penting, dalam menekan angka kejahatan.

Jika minat keagamaan warga Kepri meningkat, ia percaya kejahatan apapun bisa diminimalisir.

”Kita sangat mengapresiasi. Benar, ini sejalan dengan Revolusi Mental yang digagas Presiden RI,” kata Amsakar.

Di tempat yang sama, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun dengan wisuda ini dapat mendorong semangat membangun Kepri dengan sesuai nilai agama, mulai tumbuh sejak dini. Diharapkan juga agar para penghafal Alquran semakin berkembang di Kepri.

”Kita harapkan mudah-mudahan ini menjadi motifasi khususnya bagi yang masih 5, 10, 20 juz untuk dihafal sampai 30 juz,” kata Nurdin.

Sementara, panitia penyelenggara wisudah Hafiz Alquran, Tengku Said Arif Fadillah yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Kepri mengatakan, wisuda penghafal Alquran yang diselenggarakan di Kepri dengan ribuan orang, pertama kali di Kepri.

”Mereka membuktikan bahwa penerus di Kepri mampu dan fasih membaca Alquran. Mendorong penghapal Alquran untuk mengamalkannya,” harapnya.

Wisuda tersebut dibagi ke dalam empat kategori per juz. Dalam wisuda kali ini, tercatat ada 178 penghapal 30 juz yang diwisuda. 71 penghafal 20 juz, 196 orang penghafal 10 juz dan 575 orang di kategori lima juz.

”Pedulinya Pemerintah dengan keberadaan para penghafal Alquran ini diharapkan akan ikut andil membangun Kepri khususnya perbaikan mental,” ujarnya.

Diharapkan, wisudah Hafiz Alquran ini dapat memotivasi masyarakat lebih berminat dengan penghapal Quran. Sehingga, tumbuhnya rumah-rumah hafiz Alquran dan memberikan kontribusi positif, yang berakhlak mulia.

”Ini sejalan dengan program Presiden untuk revolusi mental,” ujarnya.(MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here