1.100 Rumah akan Direnovasi

0
692
KONDISI rumah penduduk disalah satu Desa di Kecamatan Moro, Kabupaten Karimun mendapat alokasi 1.100 rumah masuk dalam program BSPS tahun 2019.F-ALRION/tanjungpinang pos

Tahun 2019 nanti, 1.100 unit rumah akan mendapat Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau renovasi. Bantuan itu merupakan program dari Kementerian PUPR dan jumlah itu tersebar di 12 Kecamatan di Kabupaten Karimun.

KARIMUN – ”Kabupaten Karimun mengusulkan 2.040 unit. Disetujui sebanyak 1.100 unit atau separuh dari yang diusulkan. Nantinya, program dilaksanakan di 12 Kecamatan tersebar di Desa dan Kelurahan. Jumlah rumah yang masuk program BSPS disetiap kecamatan tidak sama,” kata Kepala Disperum,KPK,Rosmawati, kemarin.

Program BSPS di Karimun telah berlangsung lama, dan ribuan rumah di desa dan kelurahan telah direhab. Dari yang awalnya tidak layak huni, kini telah menjadi layak huni.

Baca Juga :  Ribuan Bibit Lele Ditebar

Pengusulan penerima BSPS atas persetujuan Bupati Karimun, dan data yang terkumpul selanjutnya diserahkan ke Bupati dan disetujui setelah dilakukam verifikasi.

Melalui program ini, masyarakat dengan penghasilan rendah dapat memperbaiki rumahnya menjadi layak huni.

Perbaikan rumah itu dilakukan, dengan swadaya atau bergotong royong karena anggaran yang dialokasikan untuk setiap rumah berbeda beda.

Program kementerian ini, dapat mengurangi jumlah rumah tidak layak huni.

Setelah program rehab rumah tidak layak huni (RTLH) kerjasama Pemerintah Provinsi Kepri, dengan Pemerintah Kabupaten Karimun terhenti sejak beberapa tahun lalu.

Baca Juga :  BC Amankan 70 Ton Beras Pulut Thailand

Saat itu, terdata ribuan rumah masih belum layak huni.

Sejak program RTLH tersebut terhenti, maka program BSPS kini hadir sebagai penggantinya.

Meskipun, nilai anggaran RTLH tidak sama dengan program dari Kemeterian tetapi sangat membantu masyarakat dalam mewujudkan perumahan yang layak huni bagi masyarakat.

Untuk sementara, rumah yang belum mendapat BSPS akan diperjuangkan dapat pada tahun 2020.

”Jika program RTLH kembali dilaksanakan, maka jumlah rumah tidak layak huni di Karimun akan terus berkurang,” kata Rosmawati.

Dengan adanya Program BSPS dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR akan terus membantu masyarakat yang membutuhkan rumah yang layak untuk tinggal serta memacu peningkatan perekonomian bari warga. (ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here