1.349 Warga Kepri Daftar Calon Polisi

0
1788
CALON POLISI: Ribuan calon polisi melakukan penandatanganan fakta integritas di Batam, Senin (17/4). F-istimewa/humas pemprov kepri

BATAM – Penerimaan polisi di Kepri mendapat respon dari anak-anak muda di Provinsi Kepri. Sebanyak 1.349 pemuda di Kepri mendaftar jadi calon anggota kepolisian.

Mereka melamar di akademi kepolisian (Akpol), Bintara dan Tamtama. Para calon aparat kepolisian itu melakukan penandatanganan fakta integritas. Dilakukan juga penandatanganan dimulainya seleksi, hingga Juni 2017.

Menurut Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol S Erlangga, Senin (17/4) di Tumenggung Abdul Jamal, Batam, penandatanganan fakta integritas dilakukan Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian, Wakapolda Kepri, Irwasda Polda Kepri, Para Pejabat Utama Polda Kepri, Kepala Ombudsman RI perwakilan Provinsi Kepri, peserta, orang tua/wali peserta, seluruh Ketua Tim seleksi serta panitia.

Baca Juga :  Arif Minta Pertahankan Pengajian Penyengat

”Ada 1.349 orang peserta test. Dimana, 59 orang yang ikut test taruna Akpol, 58 orang pria dan dan satu orang wanita. Sementara untuk Bintara Polri, peserta ada 1.199 orang. Ada 1.012 pria dan 187 perempuan. Untuk Tamtama Polri, peserta 91,” ungkap Erlangga.

Pada kesempatan itu, Kapolda Kepri, Sam Budigusdian mengatakan, pendaftaran penerimaan dilaksanakan secara online.

Mereka nanti yang akan lolos seleksi untuk Akpol akan mengikuti pendidikan di pusat pendidikan Akpol Semarang, Jawa Tengah. Sementara untuk Bintara Polki di SPN Polda Kepri Tanjung Batu serta untuk Polwan di Sepolwan Jakarta.

Baca Juga :  Olahraga Jadi Perhatian Penting

”Untuk Tamtama Brimob, akan pendidikan di Watukosek Jawa Timur dan Tamtama Polair di Tanjung Priok Jakarta. Penerimaan harus bersih, obyektif, transparan, akuntabel dan berkualitas, serta anti KKN,” tegasnya.

Sam menginstruksikan, setiap tahapan tes mulai dari awal sampai akhir tes, agar langsung diumumkan pada hari itu juga kepada calon peserta.

Hal itu untuk meminimalisir perbuatan yang dapat mencoreng nama baik Polri khususnya Polda Kepri.

”Sehingga tidak mencari kesempatan guna kepentingan pribadi dalam kegiatan rekrutmen ini,” harapnya.

Baca Juga :  Kapal Rusak, Berkah untuk Warga Cempa

Dijelaskan Sam, akan ada seleksi yang ketat, terlebih jumlah peserta jauh di angka yang akan diterima.

”Kuota untuk Bintara sebanyak 242 orang terdiri dari 227 laki-laki dan 15 wanita. Sementara untuk kuota kirim Akpol 10 orang dan kuota penerimaan Tamtama 14 orang,” beber Sam. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here