135 Prajurit TNI AL Asah Kemampuan Tempur

0
244
PERSONEL TNI AL yang mendarat di Pantai Todak pendarat ketika bersiap untuk menembak dalam latihan penguasai wilayah yang diduduki musuh. F-ISTIMEWA/Dispen Lantamal IV

LINGGA – 135 prajurit TNI AL dari Pangkalan Utama TNI-AL (Lantamal) IV Tanjungpinang dan Pangakalan TNI-AL (Lanal) Dabo Singkep, latihan perang bersama di Pantai Todak, Kecamatan Singkep, Kamis (27/6).

Latihan bersama ini dilakukan, untuk meningkatkan profesionalitas prajurit dibidang tempur dan pendaratan matra laut.

Hal ini dikatakan Komandan Lanal (Danlanal) Dabo, Letkol Laut (P) Arif Rahman.

“Latihan berlangsung dengan sukses. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan Long March dari Pantai Todak menuju Lanal Dabo Singkep,” kata Arif Rahman.

Dengan dilaksanakan latihan tempur rutin ini, para prajurit matra laut jiwa militan serta jiwa pasukan dan jiwa militernya tetap terasah dan terjaga. Sehingga, setiap saat dalam kondisi apapun siap menjaga keutuhan NKRI.

PERSONEL TNI AL dari Lantamal IV dan Lanal Dabo ketika Long March dari Pantai Todak menuju Lanal Dabo Singkep usai latihan. F-ISTIMEWA/Dispen Lantamal IV

Latihan prajurit TNI AL ini diumpamakan, bahwa Pantai Todak sedang diikuasai musuh.

Lantamal IV, mengerahkan 60 pasukannya untuk bergabung dengan prajurit Lanal Dabo.

Pasukan diterjunkan dari Tanjungpinang, dengan menggunakan dua unit Kapal Angkutan Laut (KAL) yakni KAL Marapas dan KAL Mapor, Rabu (26/6).

Sementara, jumlah pasukan pendarat dengan jumlah 75 prajurit matra laut yang tangguh turun ke laut di perairan Pantai Todak, Batu Berdaun.

Kemudian pada pukul 06.00 WIB, pasukan pendarat mulai melaksanakan penyerbuan dan peledakan untuk perebutan wilayah.

Satu jam berselang, tepatnya pukul 07.00 WIB wilayah tersebut pun dapat dikuasai oleh pasukan. Namun, penyerbuan tersebut bukanlah penyerbuan beneran.

Melainkan hanya giat latihan tempur, yang dilaksanakan rutin setiap tahunnya di Pantai Todak. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here