138 Pelajar Batam Dikukuhkan Jadi Anggota BBDC

0
199
SERATUSAN siswa saat mengikuti seleksi calon anggota marching band BBDC, akhir tahun 2019 lalu di Batamcenter. F-istimewa

BATAM – Sebanyak 138 siswa Batam yang terpilih dikukuhkan menjadi anggota Bahana Barelang Drum Corps (BBDC) angkatan ke-26 tahun 2020.

Pengukuhan anggota BBDC ini dilakukan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) sebab, merupakan grup marching band binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam.

Pengukuhan dilakukan di Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM), Batam Centre, Minggu (2/2). Anggota baru ini nantinya akan mengisi setiap event di Kota Batam.

Setiap tahunnya rutin menyeleksi anggota baru untuk mengisi kegiatan baik pemerintah kota dan mengikuti berbagai lomba marching band.

”138 anggota tersebut terdiri dari 36 anggota BBDC Senior dan 102 anggota BBDC,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Batam, Ardiwinata.

Ardi mengucapkan selamat kepada anggota yang terpilih. Sebelumnya anggota melalui proses recruitment, sebanyak 400 orang yang mendaftar sebagai calon BBDC.

”Selamat menjadi anggota BBDC, hari ini kalian sah bergabung,” katanya.

Di hadapan anggota, Ardi menyampaikan banyak agenda yang akan ditempuh oleh anggota. Berbagai kegiatan ini akan melalui setiap proses latihan.

”Tanya senior kalian untuk mencapai keahlian. Ini belum ada apa-apa, ada proses latihan harus tunduk patuh kepada pelatih. Kalau tidak ilmu tak dapat dan hasil tak dapat dan tidak memuaskan,” pintanya.

Anggota nantinya akan mengisi berbagai kegiatan nasional dan pariwisata dari Pemerintah Kota (Pemko) Batam, seperti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kota Batam.

Kemudian Peringatan HUT Republik Indonesia, Hari Jadi Batam (HJB), Jambore PKK Kota Batam, dan Pawai Budaya, dan upacara dan event Pemko Batam.

”Untuk 2020, event terdekat paket flashmob, MTQ tingkat kota batam, upacara hari besar nasional, kegiatan Pemko Batam, dan Batam Tourism International Marching Championship,” terangnya.

Ardi berharap dengan adanya menjadi motivasi dan kebanggaan bagi para anggota. Sehingga makin semangat untuk belajar. Jika terdapat kendala di sekolah, Ardi meminta untuk segera dilakukan koordinasi kepada tim BBDC.

”Jangan malas belajar dan tidak mengerti pelajaran. Tapi jadikan motivasi dan kebanggan karena punya sejarah, kebanggaan, dan kenangan berbeda dengan teman-teman yang lain,” ucapnya.

Anggota akan rutin mengikuti latihan marching band. Latihan digelar di yang Dataran Engku Putri dilakukan setiap hari Selasa, Kamis, Sabtu mulai pukul 16.00 WIB-20.00 WIB.

Untuk hari Minggu mulai pukul 13.00 WIB-20.00 WIB. Persiapan acara H-10 acara sudah fokus latihan setiap hari mulai pukul 16.00 WIB-20.00 WIB.

Sebelumnya, sebanyak 185 pelajar Batam tertarik untuk bergabung dalam marching band binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Bahana Barelang Drum Corps (BBDC). Mereka mengikuti seleksi yang prosesnya sudah berjalan sejak 1 Desember 2019 lalu. Kepala Disbudpar Batam Ardiwinata mengatakan peserta seleksi merupakan siswa-siswi tingkat SMP dan SMA.

”Pesertanya kelas 1 dan 2 SMP serta kelas 1 dan 2 SMA. Alumni SMP silakan jika mau masuk lagi untuk yang SMA,” kata Ardi di Batam Centre.

Menurutnya, seleksi ini tiap tahun digelar untuk menjaga keanggotaan BBDC tetap terisi. Seleksi tahun ini merupakan penjaringan untuk angkatan ke-26. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here