15 Ribu Pengunjung Hadiri FPM

0
429
WAKIL GUBERNUR Kepri H Isdianto foto bersama usai penutupan FPM Anambas, Sabtu (28/7).f-istimewa/humas pemprov kepri

ANAMBAS – Festival Padang Melang (FPM) 2018 di Kabupaten Anambas ditutup secara resmi oleh Wakil Gubernur Kepulauan Riau H. Isdianto, Sabtu (28/7) malam.

Gawai besar ini merupakan upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui sektor pariwisata, yakni tingkat kunjungan wisman.

Pada kesempatan ini Wakil Gubernur mengingatkan agar seluruh masyarakat Padang Melang, Letung, Kepulauan Anambas sama-sama melestarikan keindahan alam Padang Melang dengan tidak membuang sampah di laut yang pada akhirnya dapat mengotori bahkan mencemari pantai. ”Kalau bukan kita yang menjaga siapa lagi. Pertahankan keindahan dan kebersihan pantai ini. Jangan buang sampah sembarangan, karena hal tersebut akan mengotori pantai,” kata Isdianto dalam pidatonya saat menutut gawai Festival Padang Melang di Letung, Anambas.

Para turis, kata Isdianto, hanya membutuhkan rasa aman dan nyaman selama berkunjung ke lokasi wisata. Oleh sebab itu dia mengingatkan masyarakat untuk menjaga ketentraman, keamanan dan kenyamanan secara bersama-sama.

Di samping itu, lanjut Isdianto, menyangkut infrastruktur juga perlu perhatian khusus. Pemerintah Kabupaten Anambas harus proaktif dalam membangun infrastruktur dengan cara membangun koordinasi dan komunikasi bersama Pemerintah Provinsi Kepri dan pusat.

Baca Juga :  Kelapa Merah Diburu Se-Asia Tenggara

”Membangun fisik itu perlu keroyokan. Mengharapkan dana APBD aja gak akan cukup. Makanya kita harus melibatkan APBN. Dan untuk Anambas ini alangkah baiknya jika dalam membangun infrastruktur semua level pemerintahan bisa dilibatkan,” katanya.

Adapun persoalan lain yang dipandang penting dan mampu meningkatkan dunia wisata di Letung adalah ketersediaan jaringan seluler yang baik. Karena ketersediaan jaringan seluler menjadi salah satu wujud kenyamanan wisman yang harus dipenuhi.

Sementara itu Bupati Anambas Abdul Haris berharap Padang Melang menjadi Maldivesnya Indonesia. Keindahan alam Anambas membutuhkan perhatian semua pihak, baik pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat.

”Kami berterimakasih atas perhatian dari Pemerintah Provinsi Kepri sejauh ini. Dengan kondisi alam Anambas yang indah, saya yakin suatu saat kita bisa mengalahkan Bali,” kata Abdul Haris dengan keyakinannya.

Dilaporkan bahwa dengan Festival Padang Melang 2018 dari sejak dibuka pada, Kamis 26 Juli sampai dengan, Sabtu 28 Juli 2018 telah berhasil menghadirkan wisman mencapai 15 ribu orang lebih.

Melalui FPM 2018 ini para pengunjung mendapatkan sajian hiburan berupa kolaborasi seni, budaya, kuliner dan sebagainya. Abdul Haris sebagai Bupati Anambas mengatakan, sinergitas yang diharapkan oleh seluruh masyarakat Anambas terhadap Pemerintah Provinsi Kepri khususnya Kecamatan Jemaja terkait Festival tersebut direspon dengan baik oleh gubernur kemarin dan itu disaksikan masyarakat yang hadir di festival. Harapan itu memang sudah lama diimpikan dan ia yakin hal itu akan diwujudkan oleh Gubernur Kepri di acara FPM ke IV tahun 2019 mendatang.

Baca Juga :  Perkuat Sistem Pertahanan, Kemenhan Gelar Dialog Lintas Sektoral

”Saya yakin pak Gubernur Kepri kita akan tunaikan janjinya dengan masyarakat Anambas khususnya terkait FPM ini. Sinergitas itu memang sangat penting,” ucap Haris.

Haris menambahkan, ia juga menyampaikan kepada Wagub Kepri terkait pembangunan akses jalan menuju Bandara Letung agar dapat dianggarkan menggunakan APBD Provinsi. Fasilitas moda transportasi laut dari Tarempa munuju Jemaja Pemda Anambas akan mengakomodirnya nanti.

”Pak Isdianto juga mengapresiasi terkait pembangunan Bandara Letung dan itu perlu ditingkatkan lagi proses kelanjutan pembangunannya. Mudah-mudahan harapan kita bisa diakomodir oleh provinsi,” katanya.

Wagub Kepri Isdianto ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya akan membahas bersama nanti. Tentu hal itu tidak terlepas dukungan dan kerja sama yang baik dari seluruh elemen masyarakat dalam mendorong percepatan pembangunan Kepri pada umumnya.

Baca Juga :  Tanjungpinangpos Juara Nasional

”Nanti kita akan bahas bersama. Paling penting itu untuk memajukan daerah harus di dukung dan kerja sama masyarakat yang baik dan kuat,” ucap Isdianto.

Ketika ditanya kunjungan ke berapa di pulau Jemaja ini, ia menjawab sudah tiga kali ia tiba di Jemaja, ketika ia menjabat sebagai Kepala Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kepri.

”Oh ya, saya sudah tiga kali tiba di Letung ini, sudah tidak asing lagilah. Dulu, ketika Alm M Sani abang saya menjabat sebagai Gubernur Kepri,” kenang dia.

Ia juga berharap kepada seluruh lapisan masyarakat agar dapat bekerjasama dan terus meningkatkan karya-karya seni budaya, kerajinan dan tidak lupa ia menyampaikan bahwa lingkungan yang bersih modal utama bagi pembangunan wisata itu sendiri. Pemerintah tidak akan mampu membangun sendiri daerah ini, jika tidak didukung oleh masyarakat yang baik pula. ”Saya harapkan seluruh masyarakat Anambas terus dukung pembangunan yang dilaksanakan Pemda tentunya,” katanya. (end/mas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here