23 Negara Ikuti Tour de Bintan 2019

0
630
NATHALIE dari tim EO Tour de Bintan 2019, Kadisbudpar Bintan Wan Rudy Iskandar, Abdul Wahab menggelar jumpa pers di Jakarta, Selasa (12/2).f-istimewa

Kembali Jadi Kualifikasi Dunia

Tour de Bintan, balap sepeda bergengsi di Asia, kembali akan digelar di Kabupaten Bintan Provinsi Kepri, Indonesia untuk ke-9 kali, tanggal 29-31 Maret 2019 mendatang. Tahun ini, pesertanya dari 23 negara.

JAKARTA – Tour de Bintan 2019 ini merupakan lomba balap sepeda internasional. Dan untuk ketiga kalinya menjadi kualifikasi menuju balap sepeda kejuaraan dunia Union Cycliste Internationale (UCI) Kelas Gran Fondo. UCI merupakan induk organisasi internasional olahraga sepeda.

Hanya ada dua iven di Asia yang masuk kualifikasi internasional, dan 21 iven di negara dunia lainnya yang merupakan bagian dari seri balap sepeda dunia Gran Fondo ini. Tour de Bintan menjadi satu penyelenggaraan dari iven yang tergabung di UCI.

Untuk tahun 2019 ini, Tour de Bintan dikemas sangat menarik, karena semakin banyak pesepeda yang berasal dari berbagai negara seperti Inggris, Jepang dan Australia yang ikut.

Baca Juga :  Kesadaran Wajib Pajak Meningkat, Target PAD Tercapai

Sebanyak 1.800 pengunjung, termasuk 1.200 pengendara sepeda dari 23 negara, dan mewakili 42 kewarganegaraan akan berkompetisi di Tour de Bintan tahun 2019.

”Tujuh pilihan lomba akan disediakan dalam Tour de Bintan bagi pengendara sepeda dari semua tingkatan, kompetisi atau non-kompetisi,” jelas Nathalie Marquet, CEO dari Tour de Bintan, MetaSport saat menggelar jumpa pers di Jakarta, Selasa (12/2) kemarin.

”Peserta dapat memilih untuk hanya melakukan satu perjalanan. Jarak terdekat adalah 55 Km, atau dapat juga memilih paket 2 sampai 3 hari. Semua opsi ini adalah yang paling sering mereka pilih,” sambungnya,

Dua dari tujuh pilihan balapan yang tersedia adalah kualifikasi untuk kejuaraan dunia 2019 di Polandia. Yaitu kategori Individual Time Trial yang berjarak 17 kilometer akan digelar, Jumat (29/3) siang, dan kategori Gran Fondo Classic berjarak 144 kilometer, Sabtu (30/3) pagi.

Baca Juga :  Nelayan Diminta Beli Kapal Besar

Untuk mengamankan posisi di kejuaraan dunia, para peserta Tour de Bintan harus menyelesaikan perlombaan dengan menjadi 25 persen teratas di kelompok usia masing-masing.

Acara ini berlangsung selama 3 hari, dan jalur yang akan dilalui merupakan perpaduan pemandangan yang indah di pulau tropis yang eksotik, dengan pantai yang menakjubkan, hutan hijau yang rimbun dan deretan desa indah. Hal inilah yang akan menjadi pemandangan menarik untuk para peserta nanti.

Dalam jumpa pers ini, hadir Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bintan Wan Rudy Iskandar, GGM PT BRC Abdul Wahab, Staf Ahli Bidang Multikultural dan Ketua Tim Pelaksana Calendar of Event Kemenpar RI Dra Esthy Reko Astuti MSi, serta perwakilan Bintan Lagoon Dedi Haryadi.

Kadisbudpar Bintan Wan Rudi Iskandar menyampaikan, acara dibuka, Jumat (29/3) di Lagoi Bay, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri. Area kejuaraan di Bintan Resorts dengan kategori Individual Tine Trial. Sabtu (30/3) pagi, dilaksanakan kategori The Gran Fondo Classic, dengan rute dimulai di Simpang Lagoi.

Baca Juga :  Besok, Syahrul Lantik 63 Pejabat

Perjalanan sepanjang 144 kilometer di bagian utara dan timur Bintan ini, akan menarik perhatian banyak orang di setiap kota dan desa yang dilaluinya.

Minggu (31/3), kejuaraan akan dimulai dan berakhir di Bintan Lagoon Resort, dan diikuti oleh perayaan pascaperlombaan, pemberian hadiah dan makan siang yang meriah di hotel dengan pemandangan tepi pantai yang menakjubkan.

”Saya atas nama Bupati Bintan H Apri Sujadi dan Pemkab Bintan, merasa bangga. Karena Tour de Bintan sudah tiga kali menjadi ajang kualifikasi balap sepeda internasional (UCI) untuk kelas Gran Fondo ini,” demikian Wan Rudy.(YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here