23 Sekolah SMA Sederajat Ikut Seleksi Paskibra

0
976
SELEKSI: Siswa SMA sederajat di Tanjungpinang sedang mengikuti seleksi tahap awal calon Paskibra. f-desi liza/tanjungpinang pos

Tanjungpinang – SEJUMLAH siswa di 23 SMA sederajat Kota Tanjungpinang mengikuti seleksi tahap pertama calon Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) peringatan HUT Proklamasi, 17 Agustus 2017 mendatang.

Proses seleksi awal dilaksanakan Dinas Kepemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tanjungpinang sejak seminggu lalu.

Dari hasil kunjungan ke sekolah-sekolah, sudah terjaring 300 lebih siswa-siswi yang dianggap memenuhi syarat awal. Ini dilihat dari tinggi badan, berat ideal dan kontur tubuh untuk menjadi Paskibra.

Adapun tinggi badan untuk perempuan minimal 160 dan pria 165 cm dengan berat badan ideal sesuai ketentuan.

Kepala Dispora Kota Tanjungpinang, Gunawan Grounimo menuturkan, setelah seleksi tahap pertama, nantinya akan ada seleksi gabungan dan beberapa lainnya. Prosesnya akan dilaksanakan sangat terbuka.

Baca Juga :  Pramuka Ikut Awasi Obat-Makanan

Seluruh siswa yang terjaring diseleksi awal akan dikumpulkan bersama dan mengikuti seleksi berikutnya. Rencananya, seleksi berikutnya dilaksanakan sekitar tanggal 17 April mendatang dengan menggandeng Purna Paski Indonesia (PPI) Kota Tanjungpinang dan tim dibentuk.

Proses seleksi gabungan lebih komplit lagi mulai dari kesehatan dan tes lainnya lebih detail.

Calon Paskibra 2017 diutamakan siswa Kelas IX sama seperti tahun lalu. Pertimbangannya, waktunya lebih ada.

”Siswa kelas X juga boleh, tetapi prioritasnya kelas IX. Sedangkan kelas XII sudah sibuk persiapan ujian kelulusan serta lainnya,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Senin (20/3).

Baca Juga :  Persiapan Sekolah Hijau Serba Sederhana

Dispora akan menyiapkan sekitar 10 siswa terbaik yang akan ikut seleksi menjadi Paskibra di Gedung Daerah 17 Agustus mendatang.

Dari 10 siswa ini, belum tentu seluruhnya lulus tingkat provinsi namun yang tak lulus dipastikan akan bergabung menjadi anggota Paskibra Tanjungpinang berjumlah 32 siswa.

”Jadi sekitar 40 lebih siswa terbaik yang nantinya dipersiapkan menjadi Paskibra tingkat provinsi dan Kota Tanjungpinang,” paparnya.

Melihat tingginya antusias siswa ia mengucapkan terima kasih dan bangga terhadap siswa dan siswi yang sudah bersedia mengikuti seleksi calon Paskibra. Meskipun harus diakui dari siswa yang lulus seleksi awal tidak semua mau ikut seleksi berikutnya.

Ada juga beberapa siswa-siswi yang langsung mengundurkan diri dengan alasan-alasan tertentu.

Baca Juga :  Sarankan PPDB Sistem Full Online

”Ini juga perlu di apresiasi karena tidak memaksakan diri sejak awal karena mengetahui kondisi fisik dan lainnya,” ungkapnya.

Ia berharap siswa-siswi terpilih bisa menjadi Paskibra tingkat kota, provinsi atau bahkan nasional nantinya. Ia juga memperingatkan agar jangan ada Pungutan liar (Pungli) dalam proses.

Jika ada, maka dipastikan akan mengeluarkan siswa tersebut dari proses seleksi. Semua harus sesuai dengan prosedur dan kebutuhan demi menciptakan Paskibra terbaik.(Desi Liza)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here