4.250-an Wanita Bintan Pelaku Industri

0
1015
Elinda Amd Keb.

2018, Bintan Terus Dorong Program PUG

BINTAN – 4.250-an orang wanita di Kabupaten Bintan terdata sebagai pelaku industri rumahan, pada tahun 2016. Tahun 2017 ini, jumlah perempuan sebagai pelaku usaha diperkirakan meningkat.

Peran perempuan menuju kemandirian itu disampaikan Sekretaris DP3-KB Kabupaten Bintan Elinda Amd Keb, usai rapat kerja dan evaluasi program Pokja Pengarusutaraan Gender (PUG) Kabupaten Bintan, kemarin.

”Data yang kami terima, ada 425 kelompok perempuan, yang menjalankan aktivitas atau pelaku usaha industri. Rat-rata, satu kelompok itu 10 orang wanita. Angka ini menunjukan, kesetaraan gender di Bintan, sudah baik,” kata Elinda.

Baca Juga :  Edaran Bupati, Ditiadakan Salat Tarawih Berjemaah

Dari hasil evaluasi, angka Indeks Pembangunan Gender (IPG) di Bintan mencapai 92,41 persen, dengan perbandingan IPM mencapai 72,38 poin. Sedangkan Indeks Pemberdayaan Perempuan (IDG) mencapai 65,44 persen. Angka ini sudah bagus, mendekati target nasional.

”Justru itu, kami membahas beberapa program kerja untuk pemberdayaan perempuan, pada tahun anggaran 2018 mendatang. Kegiatan pemberdayaan perempuan ini, melibatkan seluruh OPD di lingkungan Pemkab Bintan, dan dukungan dari Pemprov Kepri,” jelas Elinda.

”Kita berharap, peran dan pembangunan perempuan di Bintan terus meningkat. Ya, ini sebagai wujud dari kesetaraan gender. Wanita juga bisa bekerja,” sambungnya. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here