4 Permohonan PHPU Pileg Kepri Gugur

0
34
KETUA Bawaslu Kepri Syahri Papane (pertama dari kanan) dan Komisioner Bawaslu Indrawan sedang mengikuti sidang MK. F-ISTIMEWA
Sebanyak 4 permohonan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 telah gugur. Hal ini diketahui saat sidang pendahuluan yang berlangsung di ruang Sidang Pleno 2 Mahkamah Konstitusi (MK) RI, Jakarta, Kamis (11/7).

TANJUNGPINANG – Divisi Hukum dan Data Informasi Bawaslu Provinsi Kepri, Indrawan Susilo Prabowoadi mengatakan, empat permohonan PHPU Pileg 2019 yang gugur dari tiga Partai Politik (Parpol). Karena agenda persidangan di MK, Kamis (11/7), mendengarkan permpohonan pemohon dan pengesahan alat bukti pemohon.

Empat permohonan PHPU Pileg 2019 yang gugur di MK, mulai dari satu permohonan PHPU Pileg yang sudah diajukan oleh Partai Beringin Karya (Berkarya).

Karena pada saat itu, pihak Partai Berkarya sebagai pemohon gugatan PHPU Pileg 2019 tidak hadir dalam persidangan sampai selesai. Sehingga MK RI memutuskan permohonan PHPU Pileg 2019 dinyatakan gugur.

Berbeda dengan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) yang mencabut dua permohonan gugatan PHPU Pileg 2019 telah diregister oleh MK RI.

Kemudian, kuasa hukum dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tidak mendapat surat rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, untuk menangani permasalahan laporan gugatan PHPU Pileg terjadi di wilayah Batam 1. Malah permasalahan untuk Bintan 3, kuasa hukum mendapat hingga mengantongi surat rekomendasi dari DPP PDIP.

Untuk menangani permasalahan tersebut, kata dia, kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (12/7), kuasa hukum terlebih dahulu mendapat surat rekomendasi dari partai bersangkutan. Agar kuasa hukum bisa menangani permasalahan tersebut.

”Empat permohonan tidak dapat melanjutkan lagi. Karena syarat formil tidak terpenuhi,” tegas Indrawan kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (12/7).

Yang dapat dilanjutkan, kata Indra, hanya 7 permohonan gugatan PHPU Pileg 2019 dari lima Parpol yang berbeda. Seperti Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dapat melanjutkan dua permohonan gugatan PHPU Pileg 2019 di persidangan lanjutan, yakni permohonan gugatan untuk Kepri 4 dan Batam 6.

Sedangkan untuk Batam 6 dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Golongan Karya (Golkar) ada dua permohonan gugatan untuk Bintan 3 dan Batam 1.

Kemudian, permohonan gugatan PHPU Pileg dari Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) untuk Tanjungpinang 2. PDIP ada satu permohonan yang akan dilanjutkan untuk Bintan 3.

Informasi yang diterimanya, 7 permohonan gugatan PHPU Pileg tersebut, akan mengikuti sidang lanjutan yang sudah dijadwalkan oleh MK RI pada Rabu (17/7) nanti. Agenda sidang nanti, mendengarkan jawaban termohon (KPU) dan keterangan Bawaslu serta jawaban pihak terkait.

Sidang ini akan disejalankan dengan pengesahan alat bukti, temohon, Bawaslu dan pihak terkait.

”Kita Bawaslu siap memberikan keterangan pada sidang lanjutan. Bawaslu akan menyampaikan semua hasil pengawasan pada Pemilu serentak 2019,” sebut dia.

Berdasarkan sidang PHPU 2014, tidak da gugatan yang diterima oleh MK. Rata rata, partai yang menggugat keputusan KPU kalah di MK. (ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here