5 Mahasiswa Stisipol Kuliah di Malaysia

0
975
ROMBONGAN mahasiswa Stisipol Tanjungpinang ketika berada di Malaysia mengikuti KKLN beberapa bulan lalu. F-istimewa

Ikuti Program Student Exchange Programe Dengan Kampus UniSZA

Lima mahasiswa terdiri dari satu laki-laki dan empat perempuan dari kampus Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji Kota Tanjungpinang akan kuliah di Malaysia.

TANJUNGPINANG – ADAPUN mahasiswa yang belajar di Malasyia itu adalah dari Prodi Stisipol Raja Haji. Mereka ini akan mengikuti Student Exchange Programe dengan Kampus Universiti Sultan Zainal Abidin (UniSZA) di negara bagian Terengganu, Malaysia.

Kelima mahasiswa-mahasiswi Stisipol Raja Haji Tanjungpinang itu akan menempuh pendidikan dalam program pertukaran mahasiswa dengan pihak UniSZA.

Masing-masing mahasiswa yang berangkat ke Malaysia adalah atas nama Yulisya, Tiara Rahmadani, Rifelita Saputra, Dewi Purnamasari serta Asnaini Fadriana.

Kelimanya akan menempuh kuliah di UniSZA selama satu semester. Sementara pihak Kampus UniSZA Malaysia juga mengirimkan lima mahasiswanya untuk menempuh kuliah di Stisipol Raja Haji Kota Tanjungpinang.

Baca Juga :  Forum LDK Gelar Kajian Muslim dan Muslimah

Ketua Stisipol Raja Haji Endri Sanopaka MPM mengatakan, pihaknya turut mengurus kelima mahasiswa perwakilan dari Kampus UniSZA terkait izinnya.

”Kita sudah siapkan lima mahasiswa-mahasiswi kita yang akan menempuh kuliah di UniSZA melalui Student Exchange Programe atau program pertukaran mahasiswa. Sementara, kelima mahasiswa-mahasiswi dari UniSZA saat ini sedang dalam proses untuk dapat izin belajar dari Kemenristek Dikti,” jelas Endri Sanopaka kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (27/9).

Endri kembali menjelaskan, awal mulanya bekerjasama dengan pihak UniSZA yang dimulai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tanggal 1 Desember 2015.

Setelah itu, lanjut Endri, kemudian ditindak lanjuti dengan Memorandum of Agreement (MoA) pada Bulan April 2017.

”Nah, setelah Memorandum of Agreement pada Bulan April 2017 itu. Salah satu poinnya adalah Student Exchange Programe, yang akan kita laksanakan saat ini,” terang Endri.

Baca Juga :  Studi Lapangan di Penyengat

Selain itu, Endri berharap mahasiswa-mahasiswinya dapat mengambil pengalaman belajar dengan maksimal.

Student Exchange Programe, masih kata Endri, merupakan kesempatan untuk menambah kepercayaan diri mahasiswa-mahasiswinya agar mampu bersaing secara internasional.

”Kesempatan tentu tidak datang dua kali, dan ungkapan itu terkadang kita rasakan sehari-hari. Nah, bagi yang ikut Student Exchange Programe merupakan kesempatan untuk menambah pengalaman serta mengukur kemampuan dan meningkatkan daya saing dengan dunia kampus internasional,” sebutnya.

Untuk itu, pihaknya juga memiliki program Kuliah Kerja Luar Negeri (KKLN) setiap tahunnya dengan lawatan ke Malaysia salah satunya Kampus UniSZA dan ke Thailand.

Tujuannya, agar mahasiswa-mahasiswi Stisipol Raja Haji Tanjungpinang berkesempatan melihat langsung dunia kampus di luar negeri.

Baca Juga :  Prodi TE Terapkan Internasionalisasi

”Setelah selesai mengikuti Student Exchange Programe, dan kembali ke Tanjungpinang tentunya dapat berbagi pengalaman kepada mahasiswa-mahasiswi Stisipol Raja Haji lainnya. Tapi kita juga berharap mereka dapat melanjutkan studi masternya, apakah di UniSZA ataupun di kampus lain. Paling tidak kami yakin mereka akan punya keberanian untuk melanjutkan studi di luar negeri,” harap Endri.

Untuk mahasiswa dan mahasiswi UniSZA, kini sedang dalam pengurusan ke pihak Imigrasi.

”Mudah-mudahan pekan ini sudah bisa sampai di Tanjungpinang nanti mereka akan kita titip di orangtua angkat agar mudah bersosialisasi di Tanjungpinang,” ungkapnya.(ADLY BARA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here